PENGELOLAAN PASAR 66 BAHU DI KELURAHAN BAHU KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.52279Keywords:
Pengelolaan, Pasar, TradisionalAbstract
Abstract
Market management is the process of completing something related to achieving the desired goals in order to control, maintain, and organize systematically. Therefore, good management is needed by the market. If the management of a market is well managed. Then it will create a market that is clean, healthy and conducive. This research is intended to explain how the management of the 66 Bahu Market in Manado City. This study uses case study research techniques as a form of descriptive qualitative approach with the aim of revealing facts, phenomena, and factors. The research was conducted at the 66 Bahu Market in Manado City. The presence of researchers as observers. The data sources used are primary and secondary data sources. Collecting data using the method of observation, interviews and documentation. The results of the study revealed that the management at the 66 Bahu Market in Manado City had four stages, namely the planning, organizing, implementing and monitoring stages.
Keywords: Management, Market, Traditional
Abstrak
Proses penyelesaian suatu tugas yang berkaitan dengan pencapaian tujuan yang diinginkan dalam konteks penataan, pemeliharaan, dan pengaturan yang sistematis disebut sebagai manajemen pasar. Oleh karena itu, pasar memerlukan pengelolaan yang baik. jika pengelolaan pasar efektif. Hasilnya, pasar akan bersih, sehat, dan menguntungkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan Bagaimana pengelolaan Pasar 66 Bahu Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus sebagai bentuk pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan mengungkap fakta, fenomena, dan variabel. Penelitian dilaksanakan di Pasar 66 Bahu Kota Manado. Kehadiran peneliti sebagai observer. Sumber data primer dan sekunder digunakan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat empat langkah pengelolaan Pasar 66 Bahu Kota Manado: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Kata Kunci : Pengelolaan, Pasar, Tradisional
References
Anwar, Sudirman., Said Maskur, & Muhammad Jailani. (2019). Manajemen Perpustakaan. Riau: PT. Indragiri.Com.
Arifin, F., Rompas, Y., & Londa, V., 2015. Kontribusi Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Suatu Studi Di Dinas Pendapatan Kota Manado). Manado : Universitas Sam Ratulangi.
Endrawanti, S., 2012. Dampak Relokasi Pasar (Studi Kasus di Pasar Sempangan Kota Semarang). Semarang : Universitas 17 Agustus 1945
Juraman, G., Rares, J., & Mambo, R., 2020. Implementasi Kebijakan Restribusi Pasar Di Pasar Puni Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur : Universitas Sam Ratulangi.
Misa, J., Ruru, J., & Plangiten, N., 2020. Manajemen Pengelolaan Pasar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pasar Dan Kebersihan Kabupaten Kepulauan Talaud. Talaud : Universitas Sam Ratulangi.
Moleong, L, J. 2007. Metode penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nayoan, R., Lengkong, F., & Londa, V., 2021. Dampak Ekonomi Kebijakan Revitalisasi Pasar (Studi di Pasar Rakyat Desa Poopo Utara Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan). Minahasa Selatan : Universitas Sam Ratulangi.
R.Terry, George & Leslie W.Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara
Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwatno, J., & Priansa. 2013. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tampil, K., Pangkey, M., & Palar, N., 2021. Judul penelitian ini adalah Pengelolaan Pasar Tradisional Towo’e Di Kecamatan Tahuna Kabupaten Sangihe Pada Pandemi Covid-19. Sangihe : Universitas Sam Ratulangi.
Peraturan Daerah No. II/Perda/WKDKM/1975 Tentang Susunan Organisasi Pasar No.2 Tahun 1986 PD PASAR
Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 70/M-DAG/PER/12/2013 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional
Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan dan Pemberdayaan Pasar tradisional.
Wicaksono, L. N, dkk. 2008. Persepsi Pedagang Pasar terhadap Program Perlindungan Pasar Tradisional Oleh Pemerintah Kota Semarang (Studi Kasus Pedagang Pasar Peterongan Semarang Selatan). Semarang : Universitas Diponegoro.