KUALITAS SUMBER DAYA APARAT DI DESA RAANAN BARU KECAMATAN MOTOLING BARAT KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • MICHAEL KUMAYAS samratulangi University
  • Johnny Hanny Posumah samratulangi University
  • NOVIE PALAR samratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.52296

Keywords:

Kualitas; Sumber Daya; Aparat Desa.

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menjelaskan kualitas sumber daya aparat di Desa Raanan Baru Kecamatan Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini mengunakan desain kualitatif. Temuan penelitian bahwa Latar belakang pendidikan formal sesuai dengan aturan yang berlaku, didominasi oleh aparat desa dengan latar belakang pendidikan SMA/Sederajat. Aparat desa yang memiliki latar belakang pendidikan formal yang lebih tinggi terlihat lebih mampu menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan lingkungan kerja. Semua aparat desa memiliki pengalaman dalam berorganisasi, terlibat secara aktif dalam organsiasi sosial kemasyarakatan dan organsiasi keagamaan di desa.akan tetapi tidak semua aparat desa memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan, bekerja di kantor. Tidak semua aparat memiliki kompetensi dalam pengelolaan administrasi desa, pengoperasian computer dan penggunaan teknologi baru. Juga tidak semua aparat memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara baik di muka umum. Akan tetapi tunjangan merupakan salah satu motif yang membuat aparat desa mau bekerja lebih baik.

References

Darmakusuma, 2002, Merubah Perilaku Birokrasi pada Organisasi Pemerintah Daerah, Orasi Ilmiah dalam rangka Dies Natalis XII STPDN

Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. Utama.

Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen. BPFE: Yogyakarta.

Katamang,A. F, Tulusan. F. M. G dan Palar. N. 2018. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Administreasi Publik. Volume 4 No. 58.

Mamangkey. F, Lengkong. F. D dan Londa. V. 2020. Kemampuan Aparat Desa Pada Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Di Desa Ranolambot Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa Tahun 2019. Jurnal Administreasi Publik. Volume 6 No. 95.

Masambe. S, Kiyai, B dan N Plangiten. 2016. Dampak Kebijakan Kualitas Sumber Daya Manusia Pegawai Negeri Sipil Dilingungan Pemerintah Kecamatan Siau Timur Kabupaten Kepulauan Sitaro (suatu Studi di Kantor Kecamatan Siau Timur). Jurnal Administreasi Publik. Volume 3 No. 41.

Oka. A. Y 1997. Perencanaan dan Perkembangan Pariwisata. Jakarta: Penerbit PT Pradyanta Paramita.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: Alfabeta.

Triguno. 1997. Budaya Kerja Menciptakan Lingkungan Kondusif untuk. Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Golden Terayon Press.

Wasistiono. S, 2003. Kapita Selekta Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Bandung: Fokusmedia.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

KUMAYAS, M., Posumah, J. H., & PALAR, N. (2023). KUALITAS SUMBER DAYA APARAT DI DESA RAANAN BARU KECAMATAN MOTOLING BARAT KABUPATEN MINAHASA SELATAN. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 9(4), 670–677. https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.52296