Pengaruh Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado Boulevard Terhadap Efektivitas Usaha Kecil Dan Menengah Masyarakat Kota Manado

Authors

  • Indah Kezia Angeline Opit Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Masje Pangkey Universitas Sam Ratulangi
  • Very Londa Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v10i1.54256

Keywords:

pelaksanaan program, kredit usaha, efektivitas

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado Boulevard Terhadap Efektivitas Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan indikator tujuan kegiatan yang akan dicapai, kegiatan yang diambil dalam mencapai tujuan, aturan yang harus dipegang, perkiraan anggaran yang dibutuhkan dan strategi pelaksanaan untuk variabel X dan untuk variabel Y menggunakan indikator ketepatan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan berfikir, ketepatan dalam menentukan tujuan, dan ketepatan sasaran. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket atau angket dengan skala likert. Hasil penelitian yang diteliti menunjukkan bahwa Pelaksanaan Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indoneisa Kantor Cabang Manado Boulevard berpengaruh positif terhadap Efektivitas Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat Kota Manado. Dan diketahui Pelaksanaan Program Bantuan KUR BRI ini telah berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan bahwa masyarakat khususnya pelaku UKM telah mengambil bagian dalam program pemerintah dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat.
Kata Kunci: Pelaksanaan Program, Kredit Usaha, Efektivitas

References

Ariansyah. (2023). Efektivitas Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Perkembangan Permodalan Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa Tahun 2022). Skripsi. Program Studi Administrasi Bisnis Konsentrasi Perbankan. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.

Atin, T. D. (2019). Pengaruh Efektivitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Peningkatan Profit Usaha Mikro (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 8, 10-19.

Gates, B. L. (1980). Social Program Administration. Prentice-Hall.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers.

Lastina, N. L., & Budhi, M. K. (2018). Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat PT. BRI (Persero) Unit Blahkiuh Terhadap Produktivitas UKM dan Pendepatan UKM Penerima KUR di Kecamatan Abiansemal. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(4), 959-986.

Putra, I. G., & Saskara, I. A. (2013). Efektivitas dan Dampak Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan dan Kesempatan Kerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 2, 457-468.

Rahayuni, W., & Rusli, Z. (2021). Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6 (2), 17-27.

Ravianto, J. (2014). Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Askara.

Syamsudin, V. H., Tulusan, F. M., & Londa, V. Y. (2022). Efektivitas Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Kegiatan Pengadaan Alat Tangkap Ikan di Desa Borgo Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 8 (117), 38-44.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Opit, I. K. A., Pangkey, M., & Londa, V. (2024). Pengaruh Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado Boulevard Terhadap Efektivitas Usaha Kecil Dan Menengah Masyarakat Kota Manado. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 10(1), 15–23. https://doi.org/10.35797/jap.v10i1.54256