Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara

Authors

  • Taulu Adechandika Phileon Laloan Universitas Sam Ratulangi
  • FEMMY TULUSAN
  • NOVVA PLANGITEN

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v10i1.54771

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Efektivitas Kerja, Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Eefektivitas Kerja Pegawai di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara”. Variabel Komunikasi Interpersonal di uji menggunakan lima indikator, variabel Efektivitas Kerja di uji menggunakan enam indikator. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sempel sebanyak tujuh puluh responden. Data yang dicari dari penelitian ini adalah data kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu pegawai di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dan dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis H0  ditolak. Berdasarkan data yang didapat disimpulkan bahwa Komunikasi Interpersonal berada pada korelasi yang kuat.

References

AW Suranto. (2016). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu. Bagma.

Agung Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Akbar, F. H. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Efektivitas Kinerja Penyiar Radio Assalam FM Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Azwar, Saifuddin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bida, S. S, Ruru, J.M., & Mambo, R. (2022). Komunikasi Organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara dalam Upaya Pengembangan Pariwisata.

Mustofa, B. (2009). Pedoman Menulis Proposal Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Panji Pustaka.

De Vito, J. H. (2005). The Interpersonal Communication. Book Person Education, Inc.

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Falah, R. F. N., Rares, J., & Mambo, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Balai Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XXII.

Lalompoh, S., Pangkey, M. S, & Rares, J. J, (2019). Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Manessu, K. G., Londa, V., & Tulusan, F. (2022). Efektivitas Kerja Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Manado.

Mukti, M. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Studi Korelasional Pada Pegawai PT. Rimbawood Arsilestari di Kabupaten Serang. V. 1.

Mundung, J., Lengkong, florence D., & Tulusan, F. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Kelurahan Bahu.

Priansa, Donni Juni. (2018). Perencanaan & Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Ramadhani, I., Bintari, V.I., & Zahra, Q. S. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Kerja Pengelola Jurnal di Tasikmalaya.

Riwayat, A. P., Posumah, J., & Plangiten, N. (2022). Efektivitas Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulawesi utara).

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sethi, D. & Manisha, S. (2009). Interpersonal Communication: Lifeblood of an Organization. The IUP Journal of Soft Skills, III(3-4).

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. Sumual, S. R., Tampi, G. B., & Plangiten, N. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Efektivitas Pelaksananaan Pembangunan di Desa Palamba Kecamatan Langowan Selatan.

Siagian. S. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta

.Udyatna, Muhammad dan Ganiem, M. L. (2011). Teori Komunikasi antarpribadi. Jakarta: Kencana.

Taylor. F. W. (2006) "The Principles of Scientific Management", New York: Cosimo.

Tubbs, Stewart L & Moss, S. (2005). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-03-23

How to Cite

Laloan, T. A. P., TULUSAN, F., & PLANGITEN, N. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 10(1), 95–104. https://doi.org/10.35797/jap.v10i1.54771