Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara

Authors

  • tamariska alexanria Lembong Universitas sam ratulangi
  • Masje S. Pangkey Universitas Sam Ratulangi
  • Jericho D. Pombengi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v10i2.54865

Keywords:

Kualitas, Sumber Daya Manusia, Kinerja Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi dengan fokus penelitian Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), Abilities (kemampuan). Untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi bersamaan dengan wawancara terhadap pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara dan masyarakat yang sering terlibat langsung dengan program dan pegawai yang ada di kantor. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kualitas sumber daya manusia di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah sudah cukup baik namun masih ditemui adanya pegawai yang tidak memenuhi prinsip the right man on the right job, disiplin kerja yang kurang dan kemampuan yang harus terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan organisasi mengikuti perkembangan saat ini. Sehingga diharapkan organisasi dapat lebih mengembangkan dan memperhatikan manjemen sumber daya manusia yang berkompeten agar dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas organisasi.

References

Cathrine B. 2015. Human Resource Management and Organizational Perfomance: Does HRM Lead to Improved Organizational Performance. Jurnal Universitas Oslo.

Chien. M. 2004. Investigasi Hubungan Struktur Organisasi, Kepribadian Karyawan dan Perilaku Kewargaan Organisasi. Jurnal of American Academy of Business. Cambridge. Hollywood.

Hariandja, Marihot T.E. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo. Jakarta.

Katamang, A.F, Tulusan, F dan Palar, N. 2018. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Administrasi Publik, 4 (58).

Maharani, D. 2019. Pengaruh Manajeman Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Dinamika governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9 (2), 101-110.

Matutina.2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet. Kedua. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Moleong L.J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoamoatdjo. S. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatoatdjo. S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pitoi, N.F, Pangkey, M.S, dan J. Pombengi. 2016. Kompetensi Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Efektivitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 1.37.

Pratasik, V. T., Rares, J.J, dan Dengo, S. 2023. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Tombatu Utara Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 9 (3), 61-70.

Raymond, C.P. 2014. Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat dan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire. Jurnal ITN Malang.

Rahardjo.D . 2010. Intelektual, Intelegasi, dan Perilaku Politik dan Bangsa. Bandung: Mizan.

Samad, F., Pangkey, M.S, dan Rompas, S. 2015. Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur (Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kota Ternate). Jurnal Administrasi Publik, 4 (32).

Sunyoto. D, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.

The World Bank. Human Capital Project. Human Capital Country Brief Indonesia 2020.

Veithza, Rizal. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. PT. Raja Granfindo Persada. Jakarta.

Widodo. J. 2007. Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Malang: Bayumedia.

Zaharuddin, Supriyadi, Wahyuningsih. S. 2021. Gaya Kepemimpinan & Kinerja Organisasi. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Sumber Lainnya :

a. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

b. Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Lembong, tamariska alexanria, Pangkey, M. S., & Pombengi, J. D. (2024). Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.35797/jap.v10i2.54865