implementasi kebijakan pembuatan gorong - gorong upaya penanganan banjir di kecamatan tuminting kota manado

Authors

  • Sitty Marwah Putri Saleh Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Joice rares universitas samratulangi
  • Very Londa universitas samratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v10i2.54915

Keywords:

Implementasi Kebijakan,Penangulangan,Banjir

Abstract

Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui terkait Implementasi Kebijakan Pembuatan Gorong-gorong Dalam upaya penanganan banjir di kecamatan tuminting Kota Manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teori Implementasi Kebijakan oleh Van Meter Van Horn. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa kebijakan penanggulangan banjir Pemerintah Kota Manado di Kecamatan Tuminting belum diimplementasikan secara menyeluruh. Hal ini ditemukan melalui hasil observasi dan wawancara yakni adanya pembongkarn rumah terhadap kebijakn tersebut membuat masyrakat rugi, sangat diharapkan kepada pemerintah Lakukan Pengawasan terhadap gorong-gorong yang ada, termasuk pembersihan agar tidak tersumbat oleh sampah atau material lainnya. memastikan sistem drainase secara keseluruhan berfungsi dengan baik dan tidak ada bagian yang rusak dan kepada masyarakat lebih mendengarkan himbauan dari pemeritah dan selalu menjaga kebersihn agar tidk terjadi banjir di Kecamatan Tuminting Kota Manado.
Kata kunci : Implementasi Kebijakan, Penanggulangan, Banjir

References

Afrijal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grafindo.

Djaman, S. 2010. Pengetian Dokumetasi. https://repository.uin

Hadi, M., dan Hanafi, R. (n.d.). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik. (JAP), Vol. 1, No. 5, Hal. 962- 9

Hayat.2018.Kebijakan Publik. Malang: Intrans:Publishung.

Iskandar, J.2012. Kapita Selekta teori Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.

Joshua, T , Tulusan, F , Pombengi , J . 2023 . Implementasi Program pecegahan Shunting di kabupaten minahasa utara (Studi kasus di keamatan wori). Jurnal Administrasi publik. (JAP).

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2021. Pengertian Banjir. http://kbbi.web.id/banjir.html

Kasmad.2013.Implementasi Kebijakan Publik.Jakarta: Kedai Aksara

Kotangon, F., Rares, J., dan Tampongangoy, D. 2018. Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pasar Rakyat Kecamatan Pasan di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik.

M, V., Londa, V., dan Laloma , A. 2022. Impelmentasi kebijakan pengelolaan sampah di kecamatan wanea kota manado. jurnal administrasi.

Moleong. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Redoskarya.

Monintja, C., Tulusan, F., dan Plangiten, N. 2017. Implementasi Pelayanan Publik di Dinas Pariwisata Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik.

Mulyadi, W. 2015. Implementasi Kebijakan.

Nugroho, D. R. 2009. Public Policy, Edisi Kedua. Jakarta. PT. ElexMedia Komputindo.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Perda Kota Manado. 2014. Peraturan Daerah kota Manado Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Kota.

Purwanto, P. .2020. Analisis Sistem Pengendalian Banjir Sungai Pampang Daerah Aliran Hulu Sungai Karangmumus, Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3(2), pp. 44–58.

Pusut, R, Tampongangoy , D, Tulusan , F. (2022) Implementasi program badan usaha milik desa di desa dalapan Kecamatan Tampan Amma Kabupaten kepulauan talaud. Jurnal Administrasi Publik

Rahayu, I.P., ROMPAS, W. and DENGO, S. (2021) ‘Implementasi Kebijakan Penanggulangan Banjir Pemerintah Kota Manado (Studi Kasus di Kecamatan Singkil)’, JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 7(105).

Rulinawaty, K. 2013. Studi implementasi Kebijakan Publik. Makassar. Kedai Aksara

Wibawa S. 2014. Kebijakan Publik Proses dan Analisis. Jakarta : IntermediaSarsena. 2023. Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Menunjang Aktivitas perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Dea Lumaring Kecamatan Larimpong Kabupaten Luwu. Institut Agama Islam Palopo.

Sugiyono .2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wahyudi I dan Kurniawan L. J. 2008. Memahami Kebijakan Publik dan Strategi Advokasi: Sebuah Panduan Praktis. Malang: In-Trans Publishing

Wibawa S. 2014. Kebijakan Publik Proses dan Analisis. Jakarta : Intermedia

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Saleh, S. M. P., rares, J., & Londa, V. (2024). implementasi kebijakan pembuatan gorong - gorong upaya penanganan banjir di kecamatan tuminting kota manado. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 10(2), 21–29. https://doi.org/10.35797/jap.v10i2.54915