https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/issue/feed JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK 2024-03-16T20:23:25+08:00 Dr. Dra. Joyce Rares, M.Si joycerares@unsrat.ac.id Open Journal Systems <p>JAP: Jurnal Administrasi Publik dengan ISSN : <a href="https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/manager/setup/%20http:/u.lipi.go.id/1369393564">2338-9613</a>, merupakan media publikasi untuk menyalurkan karya ilmiah para dosen, teoritis, dan praktisi dalam bidang administrasi publik, serta pemerhati administrasi publik.</p> <p>Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Menerbitkan hasil penelitian, pemikiran original, pengembangan, pengajaran, tulisan populer, dan kajian buku dalam bidang ilmu administrasi publik.</p> https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54775 Implementasi Kebijakan Jempol Hebat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan 2024-03-16T20:23:25+08:00 Gratia Sarah gratiasrh17@gmail.com Arie Rorong arierorong@unsrat.ac.id Novie Palar noviepalar@unsrat.ac.id <p>Kebijakan "Jempol Hebat" merupakan suatu inovasi dari yang dibuat oleh Pemerintah Minahasa Selatan melalui Dinas DukCapil sebagai upaya untuk meningkatkan kemudahan pelayanan publik dalam hal administrasi kependudukan. Program ini berupaya memanfaatkan teknologi digital dan sistem online untuk mempermudah masyarakat dengan cara mengunjungi langsung masyarakat. Namun demikian, masih ditemui kendala dalam proses implementasi kebijakan tersebut. Seperti pada faktor komunikasi, kendala yang dialami yaitu, masih rendahnya komunikasi antara Dinas dengan Masyarakat, dimana kebijakan tersebut yang kurang diketahui apa saja prosedurnya oleh masyarakat. Berikutnya pada faktor Sumber Daya yaitu, masih kurangnya kualitas SDM penunjang pelayanan. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Jempol Hebat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masih belum optimal karena dalam penyampaian informasi yang diberikan masih tidak lengkap, begitu juga dengan kualitas SDM yang masih kurang sehingga sering terjadi kesalahan entri data pada dokumen penduduk, dan yang terakhir yaitu masih kurangnya fasilitas penunjang pelayanan, sehingga pelayanan bisa terhambat.</p> 2024-03-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/52507 Efektivitas Program Pemerintah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kecamatan Madidir Kota Bitung 2023-11-12T18:38:10+08:00 Gilbert Siby gilbertsiby21@gmail.com <p>Penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Program Pemerintah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kecamatan Madidir Kota Bitung. Analisis ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Kecamatan Madidir, Sekretaris Camat,dan Masyarakat Nelayan. Pengumpulan informasi menggunakan teknik informasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan suatu efektivitas program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan empat indikator, yaitu:(1) Ketepatan sasaran program, meskipun program telah berjalan tapi terdapat sedikit permasalahan yaitu rumitnya prosedur untuk memperoleh kartu nelayan (Kusuka); (2) Sosialisasi Program, pemerintah telah melakukan sosialisasi program terhadap masyarakat sebelum pemberian bansos kepada masyarakat yang telah memiliki kartu bantuan kusuka; (3) Pencapaian tujuan&nbsp; program, program yang telah dijalankan dapat dikatakan tercapai apabila&nbsp; pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan terlaksana secara efektivitas dan efesiensi; (4) Pemantauan program, program yang sudah terlaksana dapat dilihat dari pemantuan dari repat berskala, serta pelaporan dan kunjungan lapangan.</p> 2024-01-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54256 Pengaruh Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado Boulevard Terhadap Efektivitas Usaha Kecil Dan Menengah Masyarakat Kota Manado 2024-02-03T17:42:20+08:00 Indah Kezia Angeline Opit indahopit03@gmail.com Masje Pangkey masjepangkey@unsrat.ac.id Very Londa verylonda@unsrat.ac.id <p>ABSTRAK<br />Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado Boulevard Terhadap Efektivitas Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan indikator tujuan kegiatan yang akan dicapai, kegiatan yang diambil dalam mencapai tujuan, aturan yang harus dipegang, perkiraan anggaran yang dibutuhkan dan strategi pelaksanaan untuk variabel X dan untuk variabel Y menggunakan indikator ketepatan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan berfikir, ketepatan dalam menentukan tujuan, dan ketepatan sasaran. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket atau angket dengan skala likert. Hasil penelitian yang diteliti menunjukkan bahwa Pelaksanaan Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indoneisa Kantor Cabang Manado Boulevard berpengaruh positif terhadap Efektivitas Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat Kota Manado. Dan diketahui Pelaksanaan Program Bantuan KUR BRI ini telah berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan bahwa masyarakat khususnya pelaku UKM telah mengambil bagian dalam program pemerintah dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat.<br />Kata Kunci: Pelaksanaan Program, Kredit Usaha, Efektivitas</p> 2024-02-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54255 Responsivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kepolisian Sektor Tuminting Manado. 2024-02-03T17:44:46+08:00 Salmiyah Raha salmiyahraha08@gmail.com Femmy Tulusan femmytulusan@unsrat.ac.id Helly Kolondam hellykolondam@unsrat.ac.id <p class="s12"><span class="s11"><span class="bumpedFont20">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Responsivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kepolisian Sektor Tuminting Manado. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan responsivitas pelayanan pengaduan masyarakat. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yaitu: 3 orang aparat Kepolisian Sektor Tuminting, 1 orang kepala lingkungan dan 3 orang masyarakat. Data penelitian di kumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Data dijelaskan dalam bentuk gambar, table dan narasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa responsivitas pelayanan pengaduan masyarakat di Kepolisian Sektor Tuminting Manado dapat dikatakan baik berdasarkan hasil wawancara dan observasi dilokasi penelitian. Aparat Kepolisian Sektor Tuminting Manado bersikap ramah dan sopan ketika melakukan pelayanan kepada masyarakat. Aparat sudah melakukan pelayanan dengan cepat, aparat dengan sigap langsung melayani masyarakat yang datang melapor. Aparat sudah melakukan pelayanan dengan cermat, aparat memberikan pelayanan dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga tidak terjadi kesalahan. Aparat sudah melakukan pelayanan dengan tepat waktu meskipun belum maksimal, semua proses dilakukan dengan segera tanpa mengulur-ulur waktu.</span></span></p> <p class="s13"><span class="s10"><span class="bumpedFont20">Kata Kunci: </span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont20">Responsivitas, Pelayanan, Pengaduan Masyarakat</span></span></p> 2024-02-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54673 TRANSPARANSI PENGGUNAAN DANA KELURAHAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN MANEMBO-NEMBO KECAMATAN MATUARI KOTA BITUNG 2024-03-13T15:32:06+08:00 Novieta Nela Gampu novietanelagampu@gmail.com Femmy Tulusan femmytulusan@unsrat.ac.id Rully Mambo rullymambo@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini untuk mengetahui transparansi penggunaan dana kelurahan khususnya dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Manembo-Nembo, Kecamatan Matuari, Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Lurah Kelurahan Manembo-nembo, Perangkat Kelurahan Manembo-nembo, Staf Kelurahan Manembo-nembo, Ketua LPM Kelurahan Manembo-nembo, dan 5 (orang) masyarakat Kelurahan Manembo-nembo. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat transparansi dengan menggunakan 4 (empat) indikator yaitu :(1). Keterbukaan dan Aksesibilitas Dokumen, Di kantor kelurahan manembo-nembo data tentang penggunaan dana kelurahan untuk tahun anggaran 2020 sudah tidak lengkap, Pemerintah kelurahan manembo-nembo tidak menyediakan dokumen yang dapat di akses mengenai penggunaan dana kelurahan yang terakhir di cairkan untuk kelurahan manembo-nembo pada tahun 2020. (2). Kejelasan dan Kelengkapan Informasi, Pemerintah Kelurahan manembo-nembo tidak memberikan informasi yang lebih jelas mengenai penggunaan dana kelurahan khususnya dalam pemberdayaan masyarakat di kelurahan manembo-nembo. (3) Keterbukaan Proses, Pemerintah kelurahan manembo-nembo juga sampai saat ini belum terbuka dalam proses, baik dalam proses perencanaan sampai pada tahap pelaksanaan, masyarakat tidak terlibat serta berpartisipasi dalam setiap proses tersebut dikarenakan kurangnya informasi yang di sediakan pemerintah kelurahan manembo-nembo. (4) Kerangka Peraturan yang menjamin Informasi, Pemerintah kelurahan belum maksimal dalam proses keterbukaan pada masyarakat, mereka hanya mengklaim bahwa penggunaan dana kelurahan pada tahun 2020 telah di laporkan dan tidak terjadi masalah dalam hal tersebut, tetapi data-data serta dokumen tersebut sudah tidak tersedia.</p> <p> </p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci : Transparansi, Dana Kelurahan, Pemberdayaan Masyarakat</strong></p> <p> </p> <p> </p> 2024-03-19T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/53182 KINERJA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO DALAM PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH 2024-01-05T08:42:56+08:00 Abigail Maharani Putri abigailmaharani003@gmail.com Katerina Bataha katarinabataha@gmail.com <p>Pembangunan merupakan masalah yang sering dihadapi oleh beberapa daerah di Indonesia. Perencanaan pembangunan dalam daerah membutuhkan peran Bappeda dalam pelaksanaannya. Pentingnya RPJMD dalam suatu perencanaan pembangunan sama dengan pentingnya peran serta kinerja Bappeda dalam penyusunan RPJMD yang akan dilaksanakan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja Bappeda Kabupaten Sidoarjo dalam penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026. Penelitian disusun dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data berupa hasil wawancara, dokumentasi, serta analisis atau observasi yang dilakukan. Selanjutnya data tersebut diintegrasikan melalui pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja Bappeda Kabupaten Sidoarjo dalam penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026 hanya memenuhi &nbsp;5 (lima) indikator kinerja yakni <em>produktivitas, </em>kualitas layanan, <em>responsivitas, responblilitas, </em>dan <em>akuntabilitas</em></p> 2024-03-19T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54683 STRATEGI PEMBERDAYAAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN NELAYAN PADA MASYARAKAT PESISIR DI DESA PONOSAKAN BELANG KECAMATAN BELANG KABUPATEN MINAHASA TENGGARA 2024-03-13T15:35:59+08:00 Aura Nazwa Sangko 082191552642awa@gmail.com Florence D. Lengkong daicylengkong@unsrat.ac.id Helly Kolondam hellykolondam@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini untuk mengetahui terkait strategi pemberdayaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di desa Ponosakan Belang kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara kaualitatif dan kemudian disajikan secara deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Sugiyono. Analisis pada model ini terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, panyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemberdayaan dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan pada masyarakat pesisir di Ponosakan Belang kecamatan Belang dapat dikatakan masih belum diterapkan secara maksimal. Masih terdapat masyrakat yang belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah setempat.<br>Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan, Kesejahteraan Nelayan</p> 2024-03-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54684 Kewenangan Pemerintah desa Dalam Mengatasi Konflik Sosial di Desa Ratatotok Selatan Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara 2024-03-13T15:38:26+08:00 Ika Fauziana ikafauziana01@gmail.com Joyce Rares joycerares@unsrat.ac.id jericho pombengi jerichopombengi@unsrat.ac.id <p class="s5"><span class="s9"><span class="bumpedFont17">ABSTRAK</span></span></p> <p class="s11"><span class="s10"><span class="bumpedFont17">Penelitian ini untuk mengetahui</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17"> bagaimana kewenangan pemerintah dalam mengatasi konflik social di Desa Ratatotok Selatan Kecamatan Ratatotok Kabupat</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">e</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">n Minahasa Tenggara</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">. Analisis ini menggunakan penelitian kualitatif</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17"> dengan pendekatan deskriptif</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">. Informan penelitian ini adalah</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17"> Perangkat Desa, Masyarakat Desa Ratotok Selatan, Pemilik Tambang, Pekerja Tambang, Aparat Kepolisian Sektor Ratatotok, dan Komandan Koramil Belang</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">. Pengumpulan informasi menggunakan teknik informasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan suatu efektivitas program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan </span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">3 </span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">indikator, yaitu:(1)</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17"> Atribusi, kewenangan atribusi dikatakan belum baik. Meskipun terdapat beberapa ketidakpuasan dan konflik kecil diantara</span></span> <span class="s10"><span class="bumpedFont17">pihak-pihak yang terlibat, Masyarakat percaya bahwa perbedaan ini dapat diselesaikan melalui diskusi dan partisipasi aktif</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">; (2) </span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">Delegasi, k</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">e</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">wenangan delegasi dikatakan belum baik. Perbedaan pandangan antara pihak yang mendelegasi kewenangan dan pihak yang menerima delegasi sering kali muncul, tetapi masih dapat terselesaikan melalui dialog dan pencatatan yang jelas</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">; (3)</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">Mandat. Kewenangan mandat dikatakan belum baik</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">.</span></span><span class="s10"><span class="bumpedFont17">Transparansi dalam pelaksanaan mandat selalu diupayakan, dan kepercayaan Masyarakat terhadap akuntabilitas dalam menggunakan kewenangan mandat perlu diperkuat melalui bantuan dan kerjasama.</span></span></p> <p class="s11"><span class="s9"><span class="bumpedFont17">Kata Kunci: </span></span><span class="s9"><span class="bumpedFont17">Kewenangan, Pemerintah, Konflik Sosial</span></span></p> 2024-03-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54757 Evaluasi Penerapan System Application and Product Dalam Pengelolaan Barang Persediaan Pada PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Sam Ratulangi Manado 2024-03-16T20:20:11+08:00 Marlin Meilan Halim meylanliem07@gmail.com Johnny Hanny Posumah hannyposumahunsrat@ac.id Very Yohanis Londa verylonda@unsrat.ac.id <p><span class="s19"><span class="bumpedFont17">Tujuan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">dari</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">penelitian</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">ini</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">adalah</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">untuk</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">mengetahui </span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont17">Bagaimana</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">penerapan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">sistem</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">SAP</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">dalam</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">pengelolaan barang persediaan yang ada di PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Sam Ratulangi</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan metode penelitian</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">kualitatif</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">.</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">pengelolaan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">barang</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">persediaan</span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont17">dengan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">menggunakan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">sistem</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">dapat</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">meningkatkan</span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont17">efektivitas</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">pada</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">pekerjaan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">di</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">perusahaan.</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">Perusahaan</span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont17">bertanggung</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">jawab</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">dalam</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">memfasilitasi</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">pegawai pada perusahaan guna meningkatkan kinerja pegawai, peningkatan kinerja pegawai juga</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">dapat berdampak pada peningkatan efektivitas pekerjaan. Efisiensi Pengelolaan Barang Persediaan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">dengan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">menggunakan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">Sistem</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">SAP</span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont17">adalah</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">langkah</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">awal</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">untuk</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">meningkatkan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">efisiensi</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">dalam</span></span><span class="s19"><span class="bumpedFont17">mengelola barang persediaan, cara kerja sistem SAP dalam meningkatkan efisiensi pada pengelolaan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">barang persediaan yaitu dengan modul yang telah tersedia pada sistem tersebut yang sesuai dengan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">kebutuhan dalam perusahaan.. Dengan diterapkannya sistem SAP ini adalah sebagai suatu terobosan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">terbaru dalam membantu meningkatkan efisiensi pengelolaan barang persediaan sehingga dapat</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">membantu pekerjaan lain yang bisa meningkatkan efektivitas pekerjaan. saran rekomendasi bagi PT</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">Angkasa Pura I Manado 1. Meningkatkan sumber daya manusia yang terampil dalam menggunakan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">sistem SAP. 2. Mengusung penggunaan tanda tangan elektronik sebagai pengganti tanda tangan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">basah. 3. Melakukan pelatihan kepada para pegawai (user) dalam menggunakan sistem SAP dan</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">fitur-fitur dalam mengoperasikan sistem yang sudah berbasis data agar pengguna semakin mengenal</span></span> <span class="s19"><span class="bumpedFont17">SAP.</span></span></p> 2024-03-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54770 Pengaruh Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terhadap Pengembangan Ekonomi di Desa Tulap Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa 2024-03-16T20:21:30+08:00 Syaloom Mamahit syaloommamahit1882@gmail.com Masje Pangkey masjepangkey@unsrat.ac.id Rully Mambo rullymambo@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terhadap Pengembangan Ekonomi di Desa Tulap Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa. Variabel Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di uji menggunakan empat indikator, variabel Pengembangan Ekonomi di uji menggunakan lima indikator. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah menggunakan rumus slovin dengan jumlah sempel sebanyak sembilan puluh dua responden. Data yang dicari dari penelitian ini adalah data kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu masyarakat Desa Tulap. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembangan Ekonomi di desa Tulap Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa dan dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis H0 ditolak. Berdasarkan data yang didapat disimpulkan bahwa Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berada pada korelasi yang kuat.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-03-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/54771 Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara 2024-03-16T20:22:16+08:00 Taulu Adechandika Phileon Laloan laloan.phileon@gmail.com FEMMY TULUSAN femmytulusan@unsrat.ac.id NOVVA PLANGITEN novvaplangiten@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Eefektivitas Kerja Pegawai di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utaraā€¯. Variabel Komunikasi Interpersonal di uji menggunakan lima indikator, variabel Efektivitas Kerja di uji menggunakan enam indikator. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sempel sebanyak tujuh puluh responden. Data yang dicari dari penelitian ini adalah data kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu pegawai di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dan dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis H0&nbsp; ditolak. Berdasarkan data yang didapat disimpulkan bahwa Komunikasi Interpersonal berada pada korelasi yang kuat.</p> 2024-03-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK