Pola sebaran bagan dan adaptasi nelayan dalam operasi penangkapan di Perairan Desa Tateli Weru Kabupaten Minahasa

Authors

  • Lia Anggreni Sitompul Universitas Sam Ratulangi http://orcid.org/0000-0003-3350-9498
  • Johnny Budiman Universitas Sam Ratulangi
  • Ivor Lembondorong Labaro Universitas Sam Ratulangi
  • Effendi Pengihutan Sitanggang Universitas Sam Ratulangi
  • Fanny Silooy Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35800/jitpt.v7i1.39007

Keywords:

Kata Kunci, Pola sebaran bagan, perubahan cuaca, hasil tangkapan, adaptasi nelayan

Abstract

Salah satu kegiatan perikanan yang menonjol di perairan Desa Tateli Weru adalah perikanan bagan.  Pengoperasian alat tangkap bagan, umumnya dimulai pada saat matahari mulai tenggelam.  Penangkapan umumnya dilaksanakan di perairan dekat pantai, yaitu daerah teluk atau tempat yang aman terhadap arus, angin dan gelombang. Dampak dari penempatan bagan oleh nelayan  tangkap di perairan Tateli Weru adalah perubahan volume hasil tangkapan setiap bulan dan perubahan jumlah waktu melaut yang sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat nelayan. Untuk itu nelayan melakukan pola adaptasi  dan strategi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pola sebaran bagan apung dan kondisi perubahan cuaca terhadap hasil tangkapan ikan di Desa Tateli Weru. Penelitian ini mengikuti metode deskriptif yang didasarkan pada studi kasus.  Pengumpulan data dilakukan dengan plotting survei posisi masing-masing bagan, menggunakan GPS dan perahu tipe pamo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai T adalah 1.23 yang berarti pola sebaran alat tangkap di desa Tateli Weru termasuk pola acak atau tidak merata (Random Pattern). Jarak terdekat antar bagan adalah 279.93 meter. Karena jarak antar bagan saling berdekatan, maka ikan yang sudah terkumpul di suatu bagan lain yang cahaya lampunya lebih terang. Hal ini berdampak pada jumlah hasil tangkapan yang tidak optimal. Pada akhirnya diperlukan aturan pola penyebaran bagan yang berjarak antar bagan serta strategi ekonomi untuk mata pencaharian nelayan yang lebih baik dalam rangka adaptasi menghadapi dampak perubahan cuaca.

Author Biographies

Lia Anggreni Sitompul, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Johnny Budiman, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Ivor Lembondorong Labaro, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan

Effendi Pengihutan Sitanggang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan

Fanny Silooy, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan

References

Amos Ch. T. 2019. Pengaruh Warna Lampu LED Dalam Air Terhadap Hasil Tangkapan Bagan di Perairan Tateli Weru. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNSRAT. 35 hal.

Bintarto & Surastopo Hadisumarno, 1979. Metode Analisa Geografi : LP3ES : Jakarta.

Ben Yami, M. 1987. Fishing With Light. Food and Agriculture Organization of The United Nations-Fishing News Books Ltd. Surrey-England.

BPS Kabupaten Minahasa Utara. https://minutkab.bps.go.id

Clark J. Philip, Evans C. Francis. 1954.†Distance to nearest neighbor as a measure of spatial relationships in populations.†Jurnal Ecology, Oktober, Vol. 35, No. 4, Hal 445-453.

Diposaptono, S., Budiman, dan F. Agung. 2009. Menyiasati Perubahan Iklim di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Bogor: PT. Sarana Komunikasi Utama.

Gunarso, W. 1985. Tingkah Laku dan Hubungannya Dengan Alat dan Taktik Penangkapan. Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan. Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Google Earth, (2020), Explore, Search and Discover, http:// www. earthgoogle.com.

Kartasapoetra, A.G., 2004. Klimatologi Pengaruh Iklim terhadap Tanah dan Tanaman. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Laevastu, T., dan Hayes, M.L. 1981. Fisheries Oceanography and Ecology. New York: Fishering News Book Ltd. Farnham-Surrey. 199 hal.

Lakitan, B., 2002. Dasar-dasar Klimatologi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Linsley, R.K., Kohler, M.A., Joseph, L.H., Paulhus, Hermawan, Y., 1986. Hidrologi untuk Insinyur. PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Nazir, Mohammad. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. 622 hal.

Patriana R., Satria A.. 2013. Pola Adaptasi Nelayan Terhadap Perubahan Iklim: Studi Kasus Nelayan Dusun Ciawitali, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan Vol. 8 No. 1.

Subani,W., dan H. R. Barus, 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut. Jurnal Penelitian Perikanan Laut No. 50 tahun 1988 (Edisi Khusus). Jakarta. 248 hal.

Sudirman, 2013. Mengenal Alat dan Metode Penangkapan Ikan. Rineka Cipta Jakarta.

Sudirman dan Mallawa. 2004. Teknik Penangkapan Ikan. Jakarta : Rineka Cipt Jakarta, 2004.

Tjasjono, B., 2004. Klimatologi. ITB, Bandung.

Downloads

Published

16-04-2022

How to Cite

Sitompul, L. A., Budiman, J., Labaro, I. L., Sitanggang, E. P., & Silooy, F. (2022). Pola sebaran bagan dan adaptasi nelayan dalam operasi penangkapan di Perairan Desa Tateli Weru Kabupaten Minahasa. JURNAL ILMU DAN TEKNOLOGI PERIKANAN TANGKAP, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.35800/jitpt.v7i1.39007

Most read articles by the same author(s)

> >>