Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa, Manado Sulawesi Utara

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35800/jitpt.7.2.2022.41683

Keywords:

keselamatan kerja, kesehatan kerja, pelabuhan perikanan

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua Ilmu dan Penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan. Pelabuhan perikanan adalah sebagai sarana pokok untuk kegiatan usaha penangkapan ikan dan mempunyai peranan yang sangat strategis penting di dalam pengelolaan sumberdaya perikanan tangkap. Penelitian ini bersifat deskriptif yang dimaksudkan untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi terkait aspek keselamatan kerja di pelabuhan perikanan pantai tumumpa.

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan keselamatan dan kesehatan kerja di pelabuhan perikanan pantai tumumpa; sedangkan secara khusus bertujuan untuk mengetahui ketersedian fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja di pelabuhan perikanan pantai tumumpa dan mengetahui prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di pelabuhan perikanan pantai tumumpa. Analisis data yang digunakan dari hasil wawancara dirubah secara numerik, cara melakukan perhitungan terhadap data yang diperoleh. Data yang diperoleh dibagi dalam beberapa kriteria dan diberi skor yang selanjutnya disajikan dalam bentuk tabulasi kemudian diinterpretasikan sesuai dengan tujuan.

Secara umum dapat dikategorikan pemenuhan fasilitas keselamatan kerja pelabuhan perikanan pantai tumumpa sebagian besar sudah tersdia, tetapi beberapa fasilitas kurang terawat atau tidak tersedia seperti contoh ruangan pertolongan pertama pada kecelakaan. Dalam penelitian diperoleh hasil dari responden syabandar 76% baik, 18% cukup baik, 6% menyatakan kurang sedangkan pada Kapten kapal memiliki hasil respoden 35% dikategorikan baik, 47% cukup baik dan 18% menyatakan kurang, untuk anak buah kapal (ABK) memiliki hasil  9% dikatakan baik, 51% cukup baik dan 40% kurang.

Author Biographies

Asrul Libuon, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Lefrand Manoppo, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Revols D. Ch. Pamikiran, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Franky E. Kaparang, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Vivanda O. J. Modaso, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Alfret Luasunaung, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Downloads

Published

18-07-2022

How to Cite

Libuon, A., Manoppo, L., Pamikiran, R. D. C., Kaparang, F. E., Modaso, V. O. J., & Luasunaung, A. (2022). Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa, Manado Sulawesi Utara. JURNAL ILMU DAN TEKNOLOGI PERIKANAN TANGKAP, 7(2), 105–109. https://doi.org/10.35800/jitpt.7.2.2022.41683

Most read articles by the same author(s)

> >>