Hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Wenang
Kata Kunci:
kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, BPJSAbstrak
Latar Belakang: Penting bagi puskesmas untuk memperhatikan kualitas perawatan karena fungsinya sebagai dasar dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan keseluruhan populasi. Lebih dari 93,47% penduduk Indonesia menggunakan jaminan kesehatan nasional yang dikelola oleh BPJS. SERVQUAL digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kualitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, empati, jaminan, dan bukti fisik.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Wenang, kota Manado.
Metode: Penelitian kuantitatif dan analitik digunakan dalam penelitian ini dengan desain studi cross-sectional. Survei kuesioner didistribusikan kepada total 110 orang yang menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Wenang.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara semua dimensi kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien BPJS.
Kesimpulan: Oleh karena itu, Puskesmas Wenang harus memperhatikan semua dimensi pelayanan kesehatan untuk memberikan perawatan yang lebih baik kepada pasien BPJS dan untuk meningkatkan keseluruhan kesehatan masyarakat.
Kata Kunci: kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, BPJS
Referensi
Rokom. Program Indonesia Sehat untuk capai tingkat kesehatan tertinggi. 2019. Accessed August 24, 2023. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20190521/5530314/program-indonesia-sehat-capai-tingkat-kesehatan-tertinggi/
DJPB Kemenkeu RI. KPPN Manado ikut mengawal program JKN Provinsi Sulawesi Utara. Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/manado/id/data-publikasi/berita-terbaru/2947-kppn-manado-ikut-mengawal-program-jkn-provinsi-sulawesi-utara.html. Published 2023. Accessed August 24, 2023.
Sitzia J, Wood N. Patient satisfaction: a review of issues and concepts. Soc Sci Med. 1997;45(12):1829-1843. Accessed December 6, 2023. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0277953697001287
Puspitasari AD, Pertiwiwati E, Rizany I. Perbedaan tingkat kepuasan pasien umum dengan pasien BPJS berdasarkan mutu pelayanan keperawatan di instalasi rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan. 2020;8(1):93. DOI: https://doi.org/10.20527/dk.v8i1.5869
Büyüközkan G, Çifçi G, Güleryüz S. Strategic analysis of healthcare service quality using fuzzy AHP methodology. Expert Syst Appl. 2011;38(8):9407-9424. DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.01.103
Parasuraman A, Zeithaml V, Berry L. Conceptual model of service quality and its implication for future research. J Mark. 1985;49(4):41-50. DOI: https://doi.org/10.2307/1251430
Ferreira DC, Vieira I, Pedro MI, Caldas P, Varela M. Patient satisfaction with healthcare services and the techniques used for its assessment: A systematic literature review and a bibliometric analysis. Healthcare. 2023;11(5):639. DOI: https://doi.org/10.3390/healthcare11050639
Tambunan E. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di wilayah kerja Puskesmas Aek Batu [Skripsi]. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan; 2021.
Azwar S. Reliabilitas dan validitas. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2016.
Ghent AW. A method for exact testing of 2X2, 2X3, 3X3, and other contingency tables, employing binomial coefficients. Am Midl Nat. 1972;88(1):15-27.
Yuliana, Marchamah DNS, Desty RT. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas X Kabupaten Grobogan. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran. 2023;2(1):235-246. DOI: https://doi.org/10.55606/termometer.v2i1.2843
Dewi R, Jihad FF. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS kesehatan. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2023;4(3):3662-3671. DOI: https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16977
Sekar Putri A, Listyowati R. Analisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap mutu pelayanan publik pada masa pandemi covid-19 di kantor BPJS kesehatan kabupaten Badung. Archive of Community Health. 2022;9(1):114-126. DOI: https://doi.org/10.24843/ACH.2022.v09.i01.p08
Safitri D, Anastasya R, Layli R, Gurning FP. Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2022;1(2):2829-3983. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/florona/index
Sarata MIM, Kenjam Y, Riwu YR. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di poli umum Puskesmas Kapan Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. 2023;2(2):456-467. DOI: https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i2.1833
Walukow DN, Rumayar AA, Kandou GD. Hubungan kualitas jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal KESMAS. 2019;8(4). Accessed November 15, 2023. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/23974/23621
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Raetasya Rachelea Rinda Wullur, Margareth Rosalinda Sapulete, Windy Mariane Virenia Wariki
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.