Hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Wenang

Penulis

  • Raetasya Rachelea Rinda Wullur Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi
  • Margareth Rosalinda Sapulete Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Windy Mariane Virenia Wariki Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

Kata Kunci:

kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, BPJS

Abstrak

Latar Belakang: Penting bagi puskesmas untuk memperhatikan kualitas perawatan karena fungsinya sebagai dasar dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan keseluruhan populasi. Lebih dari 93,47% penduduk Indonesia menggunakan jaminan kesehatan nasional yang dikelola oleh BPJS. SERVQUAL digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kualitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, empati, jaminan, dan bukti fisik.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Wenang, kota Manado.
Metode: Penelitian kuantitatif dan analitik digunakan dalam penelitian ini dengan desain studi cross-sectional. Survei kuesioner didistribusikan kepada total 110 orang yang menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Wenang.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara semua dimensi kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien BPJS.
Kesimpulan: Oleh karena itu, Puskesmas Wenang harus memperhatikan semua dimensi pelayanan kesehatan untuk memberikan perawatan yang lebih baik kepada pasien BPJS dan untuk meningkatkan keseluruhan kesehatan masyarakat.
Kata Kunci: kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, BPJS

 

Referensi

Rokom. Program Indonesia Sehat untuk capai tingkat kesehatan tertinggi. 2019. Accessed August 24, 2023. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20190521/5530314/program-indonesia-sehat-capai-tingkat-kesehatan-tertinggi/

DJPB Kemenkeu RI. KPPN Manado ikut mengawal program JKN Provinsi Sulawesi Utara. Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/manado/id/data-publikasi/berita-terbaru/2947-kppn-manado-ikut-mengawal-program-jkn-provinsi-sulawesi-utara.html. Published 2023. Accessed August 24, 2023.

Sitzia J, Wood N. Patient satisfaction: a review of issues and concepts. Soc Sci Med. 1997;45(12):1829-1843. Accessed December 6, 2023. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0277953697001287

Puspitasari AD, Pertiwiwati E, Rizany I. Perbedaan tingkat kepuasan pasien umum dengan pasien BPJS berdasarkan mutu pelayanan keperawatan di instalasi rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan. 2020;8(1):93. DOI: https://doi.org/10.20527/dk.v8i1.5869

Büyüközkan G, Çifçi G, Güleryüz S. Strategic analysis of healthcare service quality using fuzzy AHP methodology. Expert Syst Appl. 2011;38(8):9407-9424. DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.01.103

Parasuraman A, Zeithaml V, Berry L. Conceptual model of service quality and its implication for future research. J Mark. 1985;49(4):41-50. DOI: https://doi.org/10.2307/1251430

Ferreira DC, Vieira I, Pedro MI, Caldas P, Varela M. Patient satisfaction with healthcare services and the techniques used for its assessment: A systematic literature review and a bibliometric analysis. Healthcare. 2023;11(5):639. DOI: https://doi.org/10.3390/healthcare11050639

Tambunan E. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di wilayah kerja Puskesmas Aek Batu [Skripsi]. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan; 2021.

Azwar S. Reliabilitas dan validitas. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2016.

Ghent AW. A method for exact testing of 2X2, 2X3, 3X3, and other contingency tables, employing binomial coefficients. Am Midl Nat. 1972;88(1):15-27.

Yuliana, Marchamah DNS, Desty RT. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas X Kabupaten Grobogan. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran. 2023;2(1):235-246. DOI: https://doi.org/10.55606/termometer.v2i1.2843

Dewi R, Jihad FF. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS kesehatan. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2023;4(3):3662-3671. DOI: https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16977

Sekar Putri A, Listyowati R. Analisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap mutu pelayanan publik pada masa pandemi covid-19 di kantor BPJS kesehatan kabupaten Badung. Archive of Community Health. 2022;9(1):114-126. DOI: https://doi.org/10.24843/ACH.2022.v09.i01.p08

Safitri D, Anastasya R, Layli R, Gurning FP. Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2022;1(2):2829-3983. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/florona/index

Sarata MIM, Kenjam Y, Riwu YR. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di poli umum Puskesmas Kapan Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. 2023;2(2):456-467. DOI: https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i2.1833

Walukow DN, Rumayar AA, Kandou GD. Hubungan kualitas jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal KESMAS. 2019;8(4). Accessed November 15, 2023. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/23974/23621

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

1.
Wullur RRR, Sapulete MR, Wariki WMV. Hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Wenang. J Kedokt Kom Tropik [Internet]. 31 Desember 2023 [dikutip 19 November 2024];11(2):493-8. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JKKT/article/view/53273

Terbitan

Bagian

Penelitian