Using Of Fish Silase Different Composition Toward The Growth Of Nile Tilapia Oreochromis niloticus

Authors

  • Elton R. Lauluw
  • Sartje Lantu
  • Henneke Pangkey
  • Cyska Lumenta
  • Revol D. Monijung
  • Adnan S. Wantasen

DOI:

https://doi.org/10.35800/jpkt.10.1.2019.25072

Abstract

Silage is prepared by adding the probiotic into the material of bones and flesh of waste from the market.  Silage is used as element substituted with fish meal as feed for tilapia with initial weight of 19.14 to 24.86 grams and a length of 3-5 cm.  There are three types of feed using silage replacing fish meal as much as 10% (treatment A), 20% (treatment B) and 30% (treatment C) and a control used commercial feed (treatment D).  The results obtained are feed in treatment D gives very significant results to the three other feed (A, B and C) in the case of weight, rate of growth and feed efficiency; but in a further test of Duncan, statistical results showed that feed C and D more efficient than feed A.

Keywords: low cost artificial feed, silage, growth, tilapia

 

ABSTRAK

Silase dipersiapkan melalui penambahan probiotik ke dalam bahan tulang dan daging dari bahan-bahan yang tidak terpakai yang diambil dari pasar.  Silase ini digunakan sebagai elemen yang disubsitusikan dengan tepung ikan untuk diberikan sebagai pakan pada ikan nila dengan berat awal 19,14-24,86 gr dan panjang 3-5 cm.  Ada tiga jenis pakan dengan menggunakan silase menggantikan tepung ikan sebanyak 10 (perlakuan A), 20 (perlakuan B) dan 30% (perlakuan C) dan sebagai kontrol digunakan pakan komersial (perlakuan D). Hasil yang diperoleh adalah pakan uji pada perlakuan D sangat memberikan hasil berbeda yang sangat nyata dengan ketiga pakan lainnya (A, B dan C) dalam hal pertumbuhan berat, laju pertumbuhan dan efisiensi pakan; namun pada uji lanjut Duncan, hasil statistik menunjukkan bahwa pakan C dan pakan D lebih efisien dibandingkan pakan A.

Kata kunci: akuakultur, pakan buatan murah, silase, pertumbuhan, ikan nila

Downloads

Published

2019-07-24

How to Cite

Lauluw, E. R., Lantu, S., Pangkey, H., Lumenta, C., Monijung, R. D., & Wantasen, A. S. (2019). Using Of Fish Silase Different Composition Toward The Growth Of Nile Tilapia Oreochromis niloticus. JURNAL PERIKANAN DAN KELAUTAN TROPIS, 10(1), 28–31. https://doi.org/10.35800/jpkt.10.1.2019.25072

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)