MUTU SENSORIK DAN NILAI–K IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis. L) DARI INDUSTRI PENGOLAHAN IKAN ASAP DI MANADO

Authors

  • Hens Onibala Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara

DOI:

https://doi.org/10.35800/jpkt.8.3.2012.7337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian mutu sensorik dan tingkat kesegaran awal dari ikan cakalang (Katsuwonus pelamis. L) yang digunakan sebagai bahan baku dalam pengolahan ikan asap di Manado. Ikan cakalang yang digunakan sebagai bahan baku memiliki nilai organoleptik rata–rata 7,79 dan nilai–K 37,08%. Hal ini berarti bahwa bahan baku ikan cakalang yang digunakan pada industri pe­ngolahan ikan asap tersebut pada umumnya menggunakan bahan baku ikan yang masuk dalam tingkatan mutu III.

Kata kunci: cakalang, Katsuwonus pelamis. L, ikan asap, nilai–K, organoleptik.


This objective of this research is to identifying the initial organoleptic quality and freshness level of skipjack tuna, Katsuwonus pelamis. L, used as raw materials for smoked fish in Manado, North Sulawesi. Results found that skipjack tuna used as raw materials for smoked fish has an average organoleptic value of 7.79 and K-value of 37.08%. It means that the raw materials of the skipjack used in the smoked fish processing industry come from the fish of class III quality.

Keywords: skipjack tuna, Katsuwonus pelamis. L, smoked fish, K-value, organoleptic.

Author Biography

Hens Onibala, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara

Downloads

Published

2012-11-25

How to Cite

Onibala, H. (2012). MUTU SENSORIK DAN NILAI–K IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis. L) DARI INDUSTRI PENGOLAHAN IKAN ASAP DI MANADO. JURNAL PERIKANAN DAN KELAUTAN TROPIS, 8(3), 103–106. https://doi.org/10.35800/jpkt.8.3.2012.7337

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)