ANALISA GAYA HIDUP REMAJA DALAM MENGIMITASI BUDAYA POP KOREA MELALUI TELEVISI

Authors

  • Olivia M Kaparang

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dimana realita akan pengimitasian budaya pop Korea melalui televisi yang dilakukan oleh remaja SMA Negeri 9, Manado dalam gaya hidup mereka digambarkan apa adanya. Dalam penentuan informan, digunakan teknik purposive sampling dimana informan dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu, dalam hal ini yang dipilih adalah siswa/i SMA Negeri 9, Manado yang mengikuti perkembangan budaya pop Korea dan mengimitasinya ke dalam gaya hidup mereka. Untuk memperoleh data, dilakukan wawancara mendalam dan observasi langsung. Selain itu beberapa artikel yang diperoleh dari media cetak dan internet. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa gaya hidup remaja dalam mengimitasi budaya pop Korea melalui televisi.

Berdasarkan hasil penelitian, budaya pop Korea sangat terlihat mulai mendominasi remaja SMA Negeri 9, Manado dan tampak jelas mereka mulai meninggalkan budaya Indonesia sebagai pegangan hidup keseharian. Mereka bahkan rela menghabiskan banyak waktu untuk memperoleh informasi mengenai budaya ini dibandingkan budaya sendiri. Hal ini membuktikan bahwa telah terjadi pergeseran budaya dan hal tersebut perlu ditindaklanjuti dari sekarang. Peran orang tua dan guru diperlukan dalam pengawasan akan perkembangan hidup para remaja dalam hal berhadapan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi. Pihak pemerintah pun perlu turut memajukan budaya bangsa dan membuatnya menjadi lebih menarik sehingga para remaja jadi lebih tertarik untuk memajukan budaya bangsa.

Downloads

How to Cite

Kaparang, O. M. (2013). ANALISA GAYA HIDUP REMAJA DALAM MENGIMITASI BUDAYA POP KOREA MELALUI TELEVISI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1138

Issue

Section

Articles