PENDAYAGUNAAN KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DI BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI (BPAD) PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Nofita Waas

Abstract

Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi dengan tugas menghimpun, mengolah, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi dituntut untuk memberdayakan koleksi bahan pustaka yang ada dengan baik. Pendayagunaan koleksi bahan pustaka berarti bahwa koleksi yang disediakan harus dibaca dan dipergunakan oleh kelompok masyarakat yang memang menjadi target peruntukannya (Sutarno, 2006). Dari uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendayagunaan koleksi bahan pustaka di Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi Sulawesi Utara.

Penelitian ini dilakukan pada BPAD Provinsi Sulawesi Utara pada 24 Februari sampai 8 Maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner (angket) dan dokumen kepustakaan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung BPAD Provinsi Sulawesi Utara dalam sebulan rata-rata adalah 167 orang. Sampel yang diambil adalah 25% dari populasi 167 orang adalah 41,75, jadi dibulatkan menjadi 42 orang sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik aksidental, sedangkan untuk teknik analisis data penulis akan mentabulasikan data yang ada secara persentase dalam tabel.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pengunjung BPAD Provinsi Sulawesi Utara adalah perempuan dan hampir setengah pengunjung merupakan mahasiswa dengan tujuan datang di perpustakaan adalah mencari informasi yang berkaitan dengan pembelajaran di Perguruan Tinggi dengan durasi kurang lebih 1 jam. Adapun pengunjung perpustakaan tidak secara keseluruhan memberdayakan koleksi perpustakaan dengan cara dipinjam karena kebanyakan pengunjung yang datang di perpustakaan paling banyak menggunkan koleksi perpustakaan dengan cara dibaca. Berdasarkan hasil penelitian juga menyatakan bahwa pengunjung yang datang di perpustakaan sebagian besar merasa kurang yakin bahwa koleksi di perpustakaan sudah memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran penulis sebaiknya perpustakaan perlu melakukan pengembangan koleksi dengan mempertimbangkan pada koleksi dengan terbitan terbaru atau sesuai dengan kebutuhan informasi pengunjung, selain itu petugas perpustakaan perlu membuat kebijakan seperti sosialisasi atau promosi dalam hal pendayagunaan semua fasilitas perpustakaan khususnya pendayagunaan koleksi bahan pustaka.

Keyword: Perpustakaan, pendayagunaan koleksi bahan pustaka, pengunjung perpustakaan, koleksi bahan pustaka.

Downloads

How to Cite

Waas, N. (2016). PENDAYAGUNAAN KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DI BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI (BPAD) PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11726

Issue

Section

Articles