PERANAN SURAT KABAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA REMAJA DI KECAMATAN SINGKIL KOTA MANADO

Authors

  • Kristevel Mokoagow

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan surat kabar dalam menumbuhkan minat baca remaja di Kecamatan Singkil Kota Manado.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Responden penelitian ditentukan sebanyak 10 orang yang terdiri dari 2 pada lima kelurahan, yaitu Kelurahan Singkil I, Kelurahan Singkil II, Kelurahan Wawonasa, Kelurahan Karame, dan Kelurahan Ternate Baru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah Deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media surat kabar belum sepenuhnya menjalankan perannya sebagai sarana untuk meningkatkan kegemaran atau minat baca di kalangan remaja, khususnya di kecamatan Singkil. Dengan kata lain media massa kurang berdaya dalam upaya meningkatkan minat baca para remaja.

Bertitik tolak dari kesimpulan tersebut maka penuis menyarankan agar pengelola media cetak yaitu surat kabar hendaknya menyediakan halaman khusus yang menampilkan berbagai kisah atau perkembangan para remaja dengan prestasi-prestasinya. Disamping itu surat kabar lebih mampu dan kreatif memberikan informasi-informasi yang terkait dengan upaya para remaja agar bisa tampil sebagai generasi muda yang kompeten dan berprestasi mendukung berbagai program pembangunan.

Hendaknya surat kabar, dalam hal ini pengelola surat kabar perlu lebih tampil di depan dalam memberikan support atau menjadi sponsor terhadap berbagai kegiatan remaja. Berkolaborasi dengan pemerintah untuk memberikan dukungan bagi pencapaian prestasi para remaja.

Downloads

How to Cite

Mokoagow, K. (2016). PERANAN SURAT KABAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA REMAJA DI KECAMATAN SINGKIL KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11884

Issue

Section

Articles