PERSEPSI MAHASISWA KRISTEN PADA ORGANISASI MAHASISWA BIRO KEROHANIAN KRISTEN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK

Authors

  • Ardiles Salunusa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui persepsi mahasiswa Kristen Pada Organisasi Mahasiswa Biro Kerohanian Kristen Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi fokus penelitian peneliti yaitu untuk mengetahui berbagai persepsi mahasiswa Kristen terhadap organisasi BKK, yang lebih khusus oleh mahasiswa Kristen yang membentuk persepsinya untuk tidak mau masuk kedalam organisasi BKK, dan peneliti membagi focus penelitian ke dalam tiga kelompok, yaitu: Internal : melihat dan menjabarkan berbagai persepsi mahasiswa Kristen terhadap organisasi BKK, baik melalui fungsi, tugas, dan kegiatannya. (mahasiswa Kristen yang aktif dan masuk ke dalam ke anggotaan BKK). Eksternal : melihat dan menjabarkan pembentukan persepsi mahasiswa Kristen yang tidak mau masuk ke dalam organisasi BKK, baik yang dilihat dari fungsi, tugas dan kegiatanya. (mahasiswa Kristen yang tidak masuk ke dalam ke anggotaan BKK). Melihat persepsi pendekatan subjektif dan objektif dalam memahami organisasi.

Persepsi merupakan salah – satu bagian yang ada dalam Komunikasi, sehingga Komunikasi dapat dikatakan sebagai suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, Bagian yang ada dalam suatu Komunikasi sangatlah banyak dan besar sehingga Persepsi di Condongkan Kedalam Bagian yang lebih Kecil Yakni Komunikasi Oranisasi dimana dalam Komunikasi Oragnisasi terdapat dua pendekatan dalam memahami organisasi, pendekatan objektif dan pendekatan subjektif. Makna “objektif†dalam konteks ini mengacu kepada pandangan bahwa objek-objek, perilaku-perilaku, dan peristiwa-peristiwa eksis di dunia nyata dan terlepas dari pengamatnya, sedangkan “subjektif†menunjukkan bahwa reallitas itu sehingga Persepsi diekembangkan ke dalam Teori Persepsi Konstruktif yang menyatakan bahwa manusia mengkonstruksi persepsi dengan cara memilih stimuli dan menghubungkan sensasi dan memori. Manusia membentuk persepsinya berdasarkan penginderaan terhadap kesan-kesan sensorik yang dipahami oleh otak. Persepsi adalalah sebuah efek kombinasi dari informasi yang diterima sistem sensorik dan pengetahuan yang kita pelajari tentang dunia yang kita dapatkan dari penginderaan.

Dalam Penilitan ini kita bisa melihat berbgai bentuk Persepsi yang ada dalam organisasi Badan Kerohanian Kristen ( BKK ) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi, namun Persepsi dari kalangan Eksternal Organisasi BKK juga memiliki pentafsiran yang berbeda-beda sehingga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan organisasi BKK kedepan.

Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa Kristen, Organisasi BKK

Downloads

How to Cite

Salunusa, A. (2016). PERSEPSI MAHASISWA KRISTEN PADA ORGANISASI MAHASISWA BIRO KEROHANIAN KRISTEN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13538

Issue

Section

Articles