KAJIAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH PANGGUNG DI WOLOAN

Authors

  • Enggelina Onna Jeklin Supit

Abstract

Perubahan lingkungan bisnis yang cepat memaksa produsen/perusaahan untuk terus secara aktif merumuskan dan mengkomunikasikan strategi guna mendapatkan sumber-sumber dalam mencapai keunggulan kompetitif. Hal ini menyebabkan komunikasi dalam pemasaran mendapat perhatian penuh dari para produsen/perusahaan tersebut. Produsen dituntut untuk memikirkan bagaimana mengkomunikasikan produk yang dihasilkan agar dapat terjual di pasaran dan dihargai sebagai produk yang memiliki kualitas, mengingat tingginya persaingan antar produsen lain. Komunikasi pemasaran merupakan kunci keberhasilan usaha produsen. Hal ini membuat produsen wajib membina komunikasi dan hubungan dengan konsumennya supaya tidak lari ke produsen lainnya. Bisa dikatakan, komunikasi pemasaran merupakan bagian dari solusi bisnis dan bukan hanya solusi pemasaran belaka. Melalui manajemen yang baik serta teknik dan strategi pemasaran yang tepat komunikasi pemasaran dapat dijalankan. Karena teknik pemasaran yang tepat tidak dapat jalan tanpa adanya komunikasi yang baik dari produsen yang nantinya akan disampaikan pada konsumen, karena komunikasi dan pemasaran merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Penerapan strategi komunikasi dalam pemasaran dapat menarik minat konsumen yang berdampak positif pada produsen seperti peningkatan penjualan dan menciptakan citra yang baik bagi bisnis usahanya.

Sekarang ini usaha rumah panggung di Woloan sudah mampu bersaing di kanca industry rumah nasional dan internasional. Mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen sangatlah dijunjung tinggi oleh para pengusaha untuk produk rumah panggung yang dipasarkan. Sekarang kurang lebih ada 65 pengusaha dan pengrajin rumah panggung yang terdapat di Woloan. Dengan kesetiaan serta ulet dalam bekerja untuk menghasilkan rumah panggung yang semakin baik dengan banyaknya pengusaha rumah panggung di Woloan, menyebabkan usaha rumah panggung ini terkenal tidak hanya di daerahnya sendiri namun diluar daerah Minahasa seperti di Jawa, di pulau Sulawesi, Kalimantan serta luar negeri. Rumah panggung di Woloan sebagai markas usaha industry rumah panggung terbesar yang ada di Indonesia.

Perkembangan penjualan rumah panggung kadang kala mengalami pasang surut dimana kadang ada banyak yang membeli dan juga ada juga penurunan dalam pembelian rumah panggung. Namun dalam berusaha atau berbisnis itu sudah biasa ditemukan atau dijumpai oleh para pengusaha. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, rumah panggung yang diproduksi juga mengalami perkembangan. Dimana dengan meningkatkan kualitas rumah dan adanya kreatifitas dari masing-masing pengusaha untuk memberikan produk yang terbaik melalui keunggulan-keunggalan yang ada pada RPW, hal tersebut sangat mempengaruhi minat pembeli.
Berbagai cara yang dilakukan bagi dunia usaha dalam mencari sesuatu yang sifatnya menarik. Dalam penyampaian pesan informasi yang akan disampaikan baiknya yang informatif dan kreatif untuk meningkatkan penjualan dan menarik minat konsumen. Dalam pengembangan sebuah usaha, pelaksanaan komunikasi pemasaran harus berjalan dengan tujuan dan dapat dimengerti bahwa sifat dari usaha bisnis itu sendiri adalah mandiri agar supaya sebagai pengusaha dapat lebih giat lagi atau lebih aktif dalam penggunaan strategi dengan menggunakan media yang ada saat ini.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Dirumah Panggung Woloan

Downloads

How to Cite

Supit, E. O. J. (2016). KAJIAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH PANGGUNG DI WOLOAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13539

Issue

Section

Articles