PEMANFAATAN JASA LAYANAN KOLEKSI BUKU TANDON (RESERVATION) OLEH MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT

Authors

  • Muhammad Syawal
  • D. Silangen – Lasut
  • Antonius Tore

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan sarana untuk menyebarkan informasi bagi civitas akademik, maka sumber-sumber informasi yang dimiliki haruslah mengacu pada tujuan pendidikan yang tercermin dalam kurikulum. Salah satu civitas akademik dalam hal ini adalah mahasiswa, sehingga dengan tersedianya salah satu koleksi yang sesuai dengan kurikulum akan berdampak bagi pemanfaatan jasanya. Koleksi ini merupakan satu exemplar buku dari koleksi yang ada di perpustakaan dan koleksi buku tandon ini tidak dapat dipinjamkan dibawa pulang oleh pengguna namun hanya bisa dibaca ditempat dan dikopi saja. Manfaat koleksi buku tandon yaitu sebagai bahan rujukan atau alternatif jika koleksi buku yang tersedia di layanan sirkulasi sudah habis dipinjam. Dari uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan jasa layanan koleksi buku tandon dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui data primer dan sekunder. Teknik analisa data yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data primer dan sekunder, kemudian melakukan penyuntingan (editing) terhadap kualitas data berupa kelengkapan, konsistensi, ketepatan, keseragaman dan relevansi. Selanjutnya akan dilakukan pencatatan dan pemberian kode berupa angka atas hasil jawaban responden melalui kuesioner. Peneliti kemudian akan mengelompokkan atau mentabulasi data tersebut sesuai dengan kebutuhan data yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Perhitungan presentase jawaban yang diberikan responden adalah dengan menggunakan rumus P = F/N x 100%. Adapun responden dalam penelitian ini adalah 20 responden yang terdiri dari 1 mahasiswa Fakultas Pertanian, 4 mahasiswa Fakultas Hukum, 4 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 4 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 1 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, 4 mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, mahasiswa Universitas Sam Ratulangi yang berkunjung ke UPT Perpustakaan pada umumnya bertujuan datang berkunjung ke ruangan koleksi buku tandon karena mencari informasi untuk menyelesaikan tugas perkuliahan, frekuensi pemanfaatan koleksi buku tandon sebagian besar lebih dari 3 kali dalam 1 bulan. dan hampir setengah waktu yang dibutuhkan dalam sekali berkunjung adalah 2 jam dan lebih dari 2 jam, sebagian besar jumlah subjek yang dicari dalam sekali berkunjung adalah 1 – 2 subjek, namun subjek yang didapatkan oleh pengguna hanya 1 subjek, koleksi buku tandon ternyata dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna, walaupun koleksi buku tandon di UPT Perpustakaan kurang mutakhir dan kelengkapan informasi kurang lengkap, petugas perpustakaan khususnya jasa layanan koleksi buku tandon sangat memperhatikan sikapnya terhadap pengguna, hal ini dapat dilihat dari sikap petugas sangat ramah. Dengan penataan ruang baca yang sesuai, dan keseluruhan waktu pencarian setiap sumber informasi dari petugas sampai disajikan kepada pengguna yaitu kurang dari ¼ jam.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran penulis sebaiknya lebih meningkatkan kebutuhan informasi pengguna, setiap subjek perlu ditambah dan perlu diadakan pengadaan koleksi agar kemutakhiran informasi tercapai dan kebutuhan informasi dari pengguna semakin terpenuhi.

Keyword : Perpustakaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pemanfaatan, Koleksi Buku Tandon.

Downloads

How to Cite

Syawal, M., Silangen – Lasut, D., & Tore, A. (2016). PEMANFAATAN JASA LAYANAN KOLEKSI BUKU TANDON (RESERVATION) OLEH MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13544

Issue

Section

Articles