MEMBANGUN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERPUSTAKAAN (Studi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara)

Authors

  • Norlice Vera Potoboda
  • Servi Stevi Sumendap
  • Yuriewati Pasoreh

Abstract

Perpustakaan sebagai suatu lembaga informasi dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi agar tidak ditingalkan oleh pemustaka. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang perpustakaan dikenal dengan sistem otomasi perpustakaan. Sistem otomasi perpustakaan merupakan sistem yang memungkinkan terintegrasinya setiap kegiatan dalam perpustakaan. Dengan terotomasinya perpustakaan akan memberikan kemudahan bagi pengguna (user) otomasi yang meliputi pustakawan dan pemustaka. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem otomasi perpustakaan sebagai upaya mempertahankan eksistensi perpustakaan pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara sebagai tempat penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa BPAD Provinsi Sulawesi Utara belum terotomasi, sedangkan setiap kegiatan dalam perpustakaaan lebih ekfektif dan efisien dengan sistem otomasi perpustakaan. Selain itu kurangnya frekuensi kunjungan pemustaka disebabkan belum terotomasinya BPAD Provinsi Sulawesi Utara.

Kata Kunci: Perpustakaan, Sistem Otomasi Perpustakaan, Eksistensi.

Downloads

How to Cite

Potoboda, N. V., Sumendap, S. S., & Pasoreh, Y. (2016). MEMBANGUN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PERPUSTAKAAN (Studi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13545

Issue

Section

Articles