PEMANFAATAN FITUR INTERNET PADA SMARTPHONE OLEH MASYARAKAT (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur)

Authors

  • Ardila Djunu

Abstract

Penelitian ini adalah tentang bagaimana pemanfaatan fitur internet pada smartphone oleh masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga yang berada di kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur, Saat ini kebanyakan ibu-ibu yang hanya menggunakan fitur internet lebih kepada membuka media sosial seperti FB, instagram dll, termasuk bbm, WA, dan line. Bukan untuk keperluan menambah pengetahuan dan wawasan.
Sering terjadi fenomena pertengkaran lewat jearing sosial akibat postingkan statement yang menyinggung atau pun menyindir tetangga bahkan terjadi “baku hujatâ€dengan teman atau tetangga melalui jejaring sosial tersebut. Pengguna smartphone saat ini sudah sampai pada seluruh lapisan masyarakat termasuk ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya banyak berada di rumah, namun pemanfaatan fitur internet dilihat masih sangat kurang berkaitan dengan upaya si penting dari berbagai aspek misalnya aspek ilmu pengetahuan, sosial, kesehatan dan lain-lain. Apalagi upaya dalam memanfaatkan internet untuk menambah income pendapatan rumah tangga.Hal ini tentunya dapat di indikasikan belum maksimalnya pemanfaatan fitur internet pada keuntungan yang lebih baik atau postif, masih lebih banyak untuk pemanfaatan yang tidak baik atau negatif. Dengan menggunakan metode penelitian secara deskriptif yang bertujuan untuk membuat dekripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat serta fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.
Mendapatkan hasil penelitian bahwa : Pemanfaatan internet pada smartphone, oleh ibu ibu rumah tangga di Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur, belum dimanfaatkan secara optimal, terlebih khusus untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Penggunaan internet pada smartphone dimanfaatkan untuk pengembangan usaha bisnis rumah tangga, misalnya menjual kue melalui jejaring sosial FB dan sebagainya. Pemanfaatan Internet pada smartphone, masih lebih dominan digunakan sebagai fungsi untuk berkomunikasi saja, kemudian untuk mencari informasi hiburan, seperti mendengarkan lagu dan menonton video rekaman, dibandingkan untuk keperluan informasi pendidikan maupun pengetahuan lainnya. Intensitas penggunaan smartphone cukup tinggi, untuk keperluan membuka jejaring sosial facebook, sementara path, instagram dan twitter belum dimaksimalkan. Begitu juga dengan penggunaan aplikasi google dan youtube pada smartphone belum banyak digunakan oleh ibu ibu rumah tangga di Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur.
Kata kunci : Pemanfaatan, Fitur Internet, Smarphone

Downloads

How to Cite

Djunu, A. (2016). PEMANFAATAN FITUR INTERNET PADA SMARTPHONE OLEH MASYARAKAT (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/14276

Issue

Section

Articles