STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN RUMAH MAKAN Aa’ RAFFI MANADO
Abstract
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN RUMAH MAKAN Aa’ RAFFI MANADO
Oleh :
Vanda Laura Tamburian
Desie M D Warouw
Lingkan E Tulung
Email : Vandalaura@gmail.com
RINGKASAN
Penelitian dengan judul strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan Rumah Makan Aa’Raffi Manado menggunakan metode penelitian kualitatif memanfaatkan informan sebagai sumber data penelitian dengan landasan teori Marketing Mix atau Bauran Pemasaran. Hasil penelitian adalah : Strategi mengenai produk yang berkualitas, harga yang terjangkau, dan lokasi yang strategis menjadi bagian penting dalam menarik customer sehingga hal ini sangat membantu dalam mempromosikan rumah makan Aa’ Raffi. Dari pembahasan diatas dapat dilihat bahwa dalam mencapai tujuan pemasaran, rumah makan Aa’ Raffi hanya menggunakan beberapa unsur promosi sedangkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif diperlukan integrasi dari semua unsur promosi. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini antara lain : (1) Komunikasi pemasaran rumah makan Aa’ Raffi dapat dilihat melalui produk yang ditawarkan karena memiliki ciri khasnya sendiri yaitu produk yang beragam dan berkualitas serta dapat menarik konsumen. (2) Strategi yang dilakukan rumah makan Aa’ Raffi dengan memberikan harga yang tetap terjangkau di semua kalangan masyarakat menjadi salah satu keunggulan dalam bersaing dengan kompetitor lain. (3) Lokasi yang didukung dengan fasilitas yang memadai serta pelayanan yang ramah menjadi salah satu strategi rumah makan Aa’ Raffi yang mampu meningkatkan tingkat kenyamanan dari konsumen. (4) Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan rumah makan Aa’ Raffi sudah terlaksana dengan cukup baik melalui kegiatan periklanan, promosi penjualan namun kegiatan periklanan yang dilakukan masih belum maksimal sehingga masih banyak masyarakat Manado yang belum mengetahui rumah makan Aa’ Raffi ini, dengan kata lain tujuan komunikasi pemasaran belum efektif dalam mencapai tujuan.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran dan Promosi
Â