PERANAN HUMAS DALAM MENYESOSIALISASIKAN PRODUK KREDIT USAHA RAKYAT PADA NASABAH DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG MANADO

Authors

  • Sarah Zetira Pondaag
  • Dra. Desie M.D Warouw, M.Si
  • Drs. Antonius Boham M.Si

Abstract

Abstrak
Saat ini peran humas dalam dunia global semakin dibutuhkan tidak hanya untuk suatu perusahaan dalam membangun citra di mata masyarakatnya namun juga, dalam semua aspek sosial yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat, seperti pendidikan dan rumah sakitpun membutuhkan publik relations untuk membangun citra di mata masyarakat untuk mendapat kepercayaan. Dalam setiap lembaga ataupun bidang yang memperkerjakan public relations tidak selalu sama fungsinya maupun peran-perannya. Termasuk lembanga perbankan, public relains sebagai marketing diberi wewenang memberikan pencitraan produk barang/jasa yang diinginkan konsumen. Public relations sebagai marketing juga harus bisa mengenali berbagai karakter konsumen yang menjadi sasarannya, agar apa yang di keluarkan oleh perusahaan dapat mengenai sasaran dan target dalam pasar. Dalam fungsi dan peran public relations disini memjelaskan point tentang peran humas atau public relations dalam perbankan. Perbankan itu sendiri adalah lembaga yang berfungsi sebagai intermediasi yang menyimpan dana dari pihak yang kelebihan dana dan menyalurkan dan untuk dipinjam oleh pihak yang kekurangan dana. Dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba mengkaji secara mendalam permasalahan komunikasi yang terjadi pada PT. Bank Rakyat Indonesia, khususnya pada bagaimana menyosialiasikan salah satu produk perbankan mereka yaitu Kredit Usaha Rakyat, yang memang sangat penting untuk di informasikana kepada masyarakat luas, sebagai target nasabah nantinya. Dari pengamatan sementara peneliti kepada masyarakat, bahwa banyak juga masyarakat atau nasabah yang belum mengetahui tentang adanya Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI tersebut, banyak juga yang kaget dengan nilai suku bunga yang sangat rendah dan sangat menguntungkan bagi masyarakat menengah ke bawah, dalam membantu permodalan usaha mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif, metode ini pada dasarnya merupakan prosedur penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data-data, dalam penelitian ini penelit menggunakan teori kredibilitas sumber, teori ini berasumsi bahwa orang akan lebih mungkin dipersuasif ketika komunikator yang menyampaikan pesan komunikasi menunjuk dirinya sebagai orang yang kredibel.


Kata Kunci : Peranan Humas, Menyosialisasikan Produk

Downloads

Published

2020-05-13

How to Cite

Pondaag, S. Z., Warouw, M.Si, D. D. M., & M.Si, D. A. B. (2020). PERANAN HUMAS DALAM MENYESOSIALISASIKAN PRODUK KREDIT USAHA RAKYAT PADA NASABAH DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/28395