PERAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN JASA LAYANAN KEPADA PEMUSTAKA DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA TERNATE

Authors

  • Sudian Hadi

Abstract

Abstract. This study took place at the Library and Archive of Ternate. The objectives to be achieved researcher of this study was to determine the extent of the influence of the librarian's role in improving the service to the visitors. This study uses qualitative methods. Analysis of the data used is qualitative analysis to track data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Informants this study amounted to ten people from the party users. Data collection techniques used were interviews.
Based on the data analysis of the results of interviews conducted by the researchers, it is concluded that the librarians have made efforts to improve the reading, the librarian has not been providing services to the maximum on a reference collection, has had a better retrieval tools, need to pay attention to the maximum effectiveness of supervision in guarding the visitors in the use of catalogs, collections on service availability circulation is good enough, the attitude of librarians have shown good category but not optimally service.
Key words: Librarian, Services, user

Abstrak. Penelitian ini bertempat di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Ternate. Adapun tujuan yang ingin peneliti dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peran pustakawan dalam meningkatkan jasa layanan kepada pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan jalur reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini berjumlah sepuluh orang dari yaitu pihak pemustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara.
Berdasarkan analisis data terhadap hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh kesimpulan bahwa pustakawan sudah melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan minat baca, pustakawan belum memberikan pelayanan secara maksimal pada koleksi referens, telah memiliki sarana temu kembali lebih baik, perlu memperhatikan efektivitas pengawasan secara maksimal dalam mengawal pemustaka dalam menggunakan katalog, ketersediaan koleksi pada layanan sirkulasi sudah cukup baik, sikap pustakawan telah menunjukan kategori baik namun pelayanan belum secara maksimal.
Kata Kunci: Pustakawan, Layanan, Pemustaka

Downloads

Published

2014-09-29

How to Cite

Hadi, S. (2014). PERAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN JASA LAYANAN KEPADA PEMUSTAKA DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA TERNATE. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/5636

Issue

Section

Articles