ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM LASKAR PELANGI
Abstract
ABSTRACT
Lidya Ivana Rawung, 090815029, student (S1) Communication Studies, Faculty of Social and Political Science, University of Sam Ratulangi. The study is titled “Semiotics Analysis On Film Laskar Pelangiâ€. Under the guidance of Drs. Desie M. D. Warouw, M.Si as lecturer first and Drs. Anthony M. Golung, S.IP., M.Si as second supervisor.
Laskar Pelangi movie is inspired by the true story of the struggleof the pacific island children to school, a strong determination to learn and dedication of teachers in the middle of limitations. Portrait of education in Indonesia at this time, in contrast to what is in the film Laskar Pelangi. Many studenta are fighting and skipping school. So it is very important to know the sign (meaning) of the film Laskar Pelangi that people can know the films that educate and through this film, could provide inspiration for the next generation the importance of passion and determination to learn as well as to educators, can have a character that would serve. Semiotics is trying to find signs that have meaning and to know the sign systems such as language, movement, music, pictures, and so forth. The film is a motion picture alsa often xalled movie. Films are collectively often called cinema. Cinema it self derived from the word kinematics or motion.
This study used qualitative research methods. Where researchers will explain the semiotic analysis by using the theory of Ferdinand De Saussure and analyze data based Dictionaary, Ideology, Frame Work Culture, and Interpretant Group. After analyzing and conducting interviews with informants (Interpretant Group) then it could be that the film Laskar Pelangi has a positive meaning of the message to educate and educate the nation’s children. In this film, there is a sense of enthusiasm and a strong determination and aducated by teachers who really want to serve the Muhamadiah elementary school students can achieve theirdreams. Throught message in the film Laskar Pelangi we can see that as the next generation we must continue to learn, never give up and lose with difficulty and as character who will serve for the nation of Indonesia. Do not devotion is measured by material. And for the people of Indonesia should be able to choose which movie to watch and that is not appropriate. For the producers, directors and film production house make film that intellectual life of the nation, so that our nation has a tremendous future generations.
ABSTRAK
Lidya Ivana Rawung, 090815029, mahasiswa (S1) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Pada Film Laskar Pelangiâ€. Dibawah bimbingan dari Dra. Desie M.D. Warouw, M.Si sebagai dosen pembimbing pertama dan Drs. Anthonius M. Golung, S.IP., M.Si sebagai dosen pembimbing kedua.
Film Laskar Pelangi terinspirasi dari kisah nyata perjuangan anak-anak Belitung yang ingin sekolah, tekad yang kuat untuk belajar serta pengabdian guru ditengah keterbatasan. Potret pendidikan Indonesia saat ini, berbeda dengan apa yang ada dalam film Laskar Pelangi. Banyak pelajar yang tawuran dan bolos sekolah. Maka itu, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda (makna) dari film Laskar Pelangi agar masyarakat bisa mengetahui film-film yang mendidik dan lewat film ini, bisa memberikan inspirasi bagi generasi penerus bangsa tentang pentingnya semangat dan tekad yang kuat untuk belajar serta untuk para pendidik, dapat memiliki karakter yang mau mengabdi.
Semiotika adalah berupaya untuk menemukan tanda-tanda yang memiliki arti serta mengetahui sistem tanda seperti bahasa, gerak, musik, gambar dan lain sebagainya. Film adalah gambar-hidup juga sering disebut movie. Film secara kolektif, sering disebut sinema. Sinema itu sendiri bersumber dari kata kinematik atau gerak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Dimana peneliti akan menjelaskan analisis semiotika dengan menggunakan teori dari Ferdinand De Saussure serta menganalisis data berdasarkan Kamus, Ideologi, Frame Work Budaya dan Interpretan Kelompok. Setelah menganalisis dan melakukan wawancara dengan informan (Interpretan Kelompok) maka dapat diketahui bahwa film Laskar Pelangi memiliki makna pesan yang positif untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Dalam film ini, terdapat makna tentang semangat dan tekad yang kuat untuk belajar ditengah keterbatasan serta mencerikatakan tentang pengabdian guru meski hidup dibawah garis kemiskinan. Dengan memiliki semangat, tekad yang kuat serta dididik oleh guru yang benar-benar ingin mengabdi maka siswa-siswa SD Muhamadiah bisa mencapai impian mereka.
Lewat makna pesan dalam film Laskar Pelangi kita bisa mengetahui bahwa sebagai generasi penerus bangsa kita harus terus belajar, jangan pernah menyerah dan kalah dengan kesulitan dan sebagai pendidik milikilah karakter yang mau mengabdi untuk bangsa Indonesia. Jangan pengabdian diukur karena materi saja. Serta bagi masyarakat Indonesia harus bisa memilih film mana yang pantas ditonton dan yang tidak. Untuk produser, sutradara dan rumah produksi film buatlah film yang mencerdaskan kehidupan anak bangsa, agar bangsa kita memiliki generasi penerus yang luar biasa.