SIKAP PENGGUNA TERHADAP JASA LAYANAN SIRKULASI PADA KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA MANADO
Abstract
Peranan perpustakaan sangatlah besar karena di samping sebagai salah satu tempat belajar, ia juga bertindak sebagai sumber informasi dalam proses belajar masyarakat umum dari anak-anak sampai orang dewasa.
Tujuan untuk mengetahui bagaimana sikap pengguna terhadap jasa layanan sirkulasi pada Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Pemanfaatan jasa layanan sirkulasi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Manado relatif masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan sikap yang dinyatakan melalui jawaban kuisioner yang telah diisi oleh 25 orang responden yang masuk dalam penelitian ini. Sikap pengguna layanan pendaftaran anggota perpustakaan menunjukkan 17 orang atau (68%) dari keseluruhan responden menjawab bahwa pelayanan ini masi kurang baik. Sedangkan untuk layanan peminjaman buku responden bersikap positif dimana jumlah yang menjawab baik ada 17 orang atau 68%. Pengembalian buku ada 17 orang atau (68%) yang mengatakan hal yang sama dan 6 orang atau (24%) menyatakan sangat baik hanya 1 orang yang menjawab kurang baik dan tidak baik.
Abstract
The role of libraries is great because in addition to acting as one of the places of learning, he also acts as a source of information in the process of learning the general population of children to adults.
Aim to find out how user attitudes toward circulation services at Library and Archive Office of Manado City. The method used in this research is quantitative descriptive method.
Utilization of services in the circulation of Library and Archive Office of Manado City is still relatively low. This is evidenced by the attitude expressed through the answers to the questionnaire that was completed by 25 respondents were included in this study. The attitude of the registration of members of the library service users showed 17 people or (68%) of all respondents replied that these services are less well masi. As for the book loan service to be positive where the number of respondents who answered either there are 17 people or 68%. Returns the book there are 17 people or (68%) who say the same thing and 6 or (24%) expressed very well only one person who answered the less good and not good.