PROMOSI WISATA BAHARI (Studi Kasus Nusantara Diving Center Resort Kelurahan Molas Kota Manado Propinsi Sulawesi Utara)

Authors

  • Mirfiana Ch. Salawangi
  • Jardie A. Andaki
  • Lexy K. Rarung

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.2.3.2014.13378

Abstract

Abstract

This research is a case study in design, which seeks to describe and explain about the promotion of Nautical Tourism in the archipelago Diving Centre Resort Manado, North Sulawesi province, which became the formula issue in the study of how the promotion is done in order to improve maritime excursions in the archipelago Diving Center Resort Manado. The purpose of this study is 1). Knowing these forms of promotion efforts in the archipelago Diving Resort Centre, 2). Knowing the impact of promotions on maritime excursions in the archipelago Diving Center Resort. The Data collected in the form of primary data and secondary data. The analysis of the data used is qualitative data analysis conducted since the early researchers took data, during retrieval, up to the end inhibit all data in accordance with the research issues.

Based on studies a forms of promotion which is still done in the archipelago diving centre resort, namely personal selling, billboards, pamphlets or brochures, banners, and information technology or internet. The impact of the promotion of nautical excursions in the archipelago diving centre resort can be seen on the graph in 2012 where tourists visit increased to 1096 tourists. Promotion of the most impacting against the tourists visit the personal selling and information technology. The use of the means of the Board of the company name, pamphlets and banners give you benefits on the dissemination of information and assist in the process in our daily activities, more specifically on the reservation or registration.

Keywords: tourism, promotion, personal selling, information technology

Abstrak

Penelitian ini berdesain studi kasus, yaitu berusaha mendeskripsikan dan memberikan penjelasan tentang Promosi Wisata Bahari di Nusantara Diving Center Resort manado Provinsi Sulawesi Utara, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana promosi yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata bahari di Nusantara Diving Center Resort Manado. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Mengetahui bentuk-bentuk usaha promosi di Nusantara Diving Center Resort.2). Mengetahui dampak promosi pada kunjungan wisata bahari di Nusantara Diving Center Resort. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data skunder. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis data kualitatif yang dilakukan sejak awal peneliti mengambil data, selama pengambilan, sampai dengan akhir terkumpulnya semua data sesuai dengan masalah penelitian.

Berdasarkan penelitian Bentuk – bentuk promosi yang masih dilakukan di Nusantara diving center resort yaitu Hubungan personal, billboard, pamflet atau brosur, banner, dan teknologi informasi atau internet. Dampak promosi terhadap kunjungan wisata bahari di Nusantara diving center resort bisa dilihat pada grafik tahun 2012 dimana kunjungan wisatawan meningkat menjadi 1096 orang wisatawan. Promosi yang paling berdampak terhadap kunjungan wisatawan yaitu kewiraniagaan dan teknologi informasi. Promosi yang paling berdampak terhadap kunjungan wisatawan yaitu kewiraniagaan dan teknologi informasi. Penggunaan sarana papan nama perusahaan, pamflet dan banner memberikan manfaat pada penyebaran informasi dan membantu dalam proses kegiatan keseharian, lebih khusus pada bagian reservasi atau registrasi.

Kata Kunci: turis, promosi, nelayan, kewiraniagaan, teknologi informasi

Downloads

How to Cite

Salawangi, M. C., Andaki, J. A., & Rarung, L. K. (2014). PROMOSI WISATA BAHARI (Studi Kasus Nusantara Diving Center Resort Kelurahan Molas Kota Manado Propinsi Sulawesi Utara). AKULTURASI, 2(3). https://doi.org/10.35800/akulturasi.2.3.2014.13378