PERAN PEREMPUAN PADA PEMASARAN IKAN MUJAIR DI PASAR RAKYAT KECAMATAN REMBOKEN KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • Yuriske Kambolan
  • Jeannette F. Pangemanan
  • Djuwita R.R. Aling

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.7.2.2019.28148

Keywords:

Peran Perempuan, Pemasaran, Pasar Rakyat Romboken

Abstract

Abstract

The purpose of this study was to determine the economic aspects of women fish traders, the general condition of women fish traders in the Remboken People's Market, access and control of assets and resources and the decision-making power of women fish traders, knowing to analyze the role of women fish traders in the marketing of tilapia fish. The method used in this research is survey. Data collection uses primary data and secondary data and then analyzed and discussed descriptively qualitative and quantitative descriptive. The role of women in tilapia fish marketing is supported by several factors, namely productive age, sufficient work experience, adequate level of education, good social interaction. The first activity for women tilapia fish traders is to buy Mujair fish from fishermen in the morning, then directly sell it to the Remboken People's Market. The sale of tilapia fish is carried out in the morning from 07:00 Wita-12: 30 Wita until the fish are sold out if there is anything left, it will be stored again in the frizer and will be sold again the next day. The economic aspect consists of initial capital used by women fish traders, namely, around Rp. 150,000 up to Rp. 500,000. In terms of family welfare, the condition of the house of fish traders mostly has a semi-permanent type of house, most of the women who sell fish brokers have TV and cellphones, refrigerators as ice cube storage areas, from 10 respondents only 1 person has a motorbike.

Keywords: Role of Women, Marketing, Remboken People's Market

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek ekonomi perempuan pedagang ikan, keadaan umum perempuan pedagang ikan di Pasar Rakyat Remboken, akses dan kontrol atas aset dan sumberdaya dan kekuatan pengambilan keputusan perempuan pedagang ikan, mengetahui menganalisis peran perempuan pedagang ikan pada pemasaran ikan mujair. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder dan kemudian dianalisis serta dibahas secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Peran perempuan pada pemasaran ikan mujair didukung oleh beberapa faktor, yaitu usia yang produktif, pengalaman kerja yang cukup, tingkat pendidikan yang memadai, interaksi sosial yang baik. Aktivitas pertama perempuan pedagang ikan mujair yaitu membeli ikan Mujair dari nelayan pada pagi hari, kemudian langsung menjualnya ke Pasar Rakyat Remboken. Penjualan ikan mujair dilakukan pada pagi hari dari jam 07:00 Wita-12:30 Wita sampai ikan terjual habis jika masih ada yang tersisa maka akan di simpan lagi di frizer dan akan dijual lagi keesokan harinya. Aspek ekonomi terdiri dari modal awal yang digunakan oleh perempuan pedagang ikan berbeda-beda yaitu, sekitar Rp. 150.000,- sampai Rp. 500.000,-. Aspek kesejahteraan keluarga, kondisi rumah perempuan pedagang ikan sebagian besar memiliki jenis rumah semi permanen, sebagian besar perempuan pedagang ikan suda memiliki TV dan handphone, kulkas sebagai tempat penyimpanan es batu, dari 10 responden hanya 1 orang yang pempunyai motor.

Kata kunci : Peran Perempuan, Pemasaran, Pasar Rakyat Romboken

Downloads

Published

2020-02-29

How to Cite

Kambolan, Y., Pangemanan, J. F., & Aling, D. R. (2020). PERAN PEREMPUAN PADA PEMASARAN IKAN MUJAIR DI PASAR RAKYAT KECAMATAN REMBOKEN KABUPATEN MINAHASA. AKULTURASI, 7(2), 1355–1364. https://doi.org/10.35800/akulturasi.7.2.2019.28148