BUDAYA AKTIVITAS NELAYAN DI KELURAHAN LELEWI KECAMATAN PULAU BATANG DUA KOTA TERNATE

Authors

  • Jecfons Ngongoru
  • Jardie A. Andaki
  • Florence V. Longdong
  • Jeannette F. Pangemanan
  • Martha P. Wasak
  • Lawrence L. Lumingas

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.9.2.2021.35192

Keywords:

Budaya, Aktivitas, Nelayan Kelurahan Lelewi

Abstract

Abstract

This study aims to 1. Know and explain or describe the culture of fishermen in Lelewi Village, Batang Dua District, Ternate City. 2. Know and explain or describe the activities of fishermen in Lelewi Village, Pulau Batang Dua District, and Ternate City. Respondents in this study were the fishing community in Lelewi Village. The data collected consists of primary data and secondary data. Primary data is a source of data obtained directly from the original source, and interviews with certain members (members or tonaas) that have been determined according to the purpose of data collection. While secondary data is a source of research data obtained by researchers indirectly through intermediary media (obtained and recorded by other parties), and is supporting data from primary data obtained from documents contained in letters aboard the Soma Pajeko ship. The data analysis used in this research is quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. Quantitative descriptive analysis is data processing using calculations such as the addition of percentages, average numbers and so on. While descriptive qualitative analysis is an analytical method to investigate objects that cannot be measured by numbers or other measurements that are exact. These analyzes are used to analyze what activities are carried out by fishermen and what factors influence these activities in the form of numbers, tables, percentages and then discussed and described as clearly as possible in the form of descriptions or qualitatively according to facts in the field and compared with theories, journals, studies or pre-surveys that have been done previously.

 

Keywords: Fisherman; Activity; Culture in Lelewi Village

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui serta menjelaskan atau mendeskripsikan kebudayaan nelayan yang ada di Kelurahan Lelewi Kecamatan Pulau Batang Dua Kota Ternate. 2. Mengetahui serta menjelaskan atau mendeskripsikan aktivitas nelayan yang ada di Kelurahan Lelewi Kecamatan Pulau Batang Dua Kota Ternate. Responden dalam penelitian ini yaitu Masyarakat nelayan di Kelurahan Lelewi. Data yang dikumpulkan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli, dan wawancara pada anggota (anggota atau tonaas) tertentu yang sudah ditetapkan sesuai tujuan pengumpulan data. Sedangkan data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain), dan merupakan data pendukung dari data primer yang diperoleh dari dokumen- dokumen yang ada dalam surat-surat diatas kapal soma pajeko. Analisis data yang digunakan pada penelitiaan ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif merupakan pengolaan data dengan menggunakan perhitungan seperti penjumlahan presentase, angka rata-rata dan sebagainya. Sedangkan analisis deskriptif kualitatif dalah metode analisis untuk menyelidiki objek yang tidak dapat diukur dengan angka-angka ataupun ukuran lain yang bersifat eksakta. Analisis-analisis ini digunakan untuk menganalisis aktivitas apa saja yang dilakukan nelayan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi aktivitas tersebut dalam bentuk angka-angka, tabel-tabel, presentase dan selanjutnya dibahas dan diuraikan sejelas-jelasnya dalam bentuk uraian-uraian atau kualitatif sesuai fakta dilapangan dan dibandingkan dengan teori-teori, jurnal-jurnal, penelitian-penelitian atau prasurvei yang telah dilakukan sebelumnya.

 

Kata Kunci: Budaya; Aktivitas; Nelayan Kelurahan Lelewi

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Ngongoru, J., Andaki, J. A., Longdong, F. V., Pangemanan, J. F., Wasak, M. P., & Lumingas, L. L. (2021). BUDAYA AKTIVITAS NELAYAN DI KELURAHAN LELEWI KECAMATAN PULAU BATANG DUA KOTA TERNATE. AKULTURASI, 9(2), 176–186. https://doi.org/10.35800/akulturasi.9.2.2021.35192