PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN WISATA PANTAI PALL DI DESA MARINSOW KECAMATAN LIKUPANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA UTARA

Authors

  • Marlen Mandey
  • Grace O. Tambani
  • Jeannette F. Pangemanan
  • Lexy K. Rarung
  • Steelma V. Rantung

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.v10i2.41081

Keywords:

masyarakat pantai, persepsi, ekowisata, pantai Pall

Abstract

Abstract

Pall Beach is one of the famous tourist attractions in North Sulawesi with beautiful natural potential and attracts visitors to enjoy it. This beach has been well managed starting from 2014 until now. Until now Pall Beach has attracted many visitors to come to enjoy the beauty of tourist attractions managed by the government and also the existing village community.

The purpose of this study was to determine community participation in Pall Beach tourism activities and to determine public perceptions of Pall Beach tourism services. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and questionnaires. Observations were made by looking directly at the research location and the questionnaire in this study was used as a guide in interviewing respondents to find out Community Perceptions of Pall Beach Tourism Services in Marinsow Village.

Analysis of the data used is approaching descriptively, namely tabulating data, calculating the number, average, minimum and maximum values. For the purpose of the research, the Likert Scale is used, which is a scale to measure the attitudes and perceptions of a person or group of people about social phenomena.

The results showed that: 1) The participation of the Marinsow Village community in Pall Beach ecotourism activities tried to maintain and maintain the existing tourism on Pall Beach by maintaining cleanliness and nature preservation as well as introducing local and foreign tourists. Pall Beach is included in a tourist place that is worth visiting; 2) Perceptions of the people of Marinsow Village which are assessed based on 3 criteria, namely: perceptions of improved tourism services, perceptions: management is a shared responsibility, and perceptions: economic benefits of increased tourism services all have good and very positive perceptions from the community. The community strongly agrees that the management of Pall Beach tourism is carried out jointly from the local government and also the entire Marinsow Village community.

 

Keyword: coastal community; perception; tourism; Pall beach

 

Abstrak

Pantai Pall merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di daerah Sulawesi Utara dengan memiliki potensi-potensi alam yang indah dan menarik pengunjung untuk menikmatinya. Pantai ini sudah dikelola dengan baik mulai dari Tahun 2014 sampai sekarang. Sampai saat ini Pantai Pall sudah banyak menarik pengunjung untuk datang menikmati langsung keindahan tempat wisata yang dikelolah oleh pemerintah dan juga turut serta masyarakat Desa yang ada.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui partisipasi masyarakat terhadap kegiatan wisata Pantai Pall dan mengetahui persepsi masyarakat terhadap layanan wisata Pantai Pall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuisioner. Observasi yang dilakukan ialah melihat langsung di lokasi penelitian dan kusioner dalam penelitian ini digunakan sebagai panduan dalam mewawancarai responden untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Wisata Pantai Pall di Desa Marinsow.

Analisis data digunakan pendekatan secara deskriptif, yaitu melakukan tabulasi data, perhitungan jumlah, rata-rata, nilai minimum dan maksimum. Guna menjawab tujuan penelitian digunakan Skala Likert, yaitu skala untuk mengukur sikap pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Partisipasi masyarakat Desa Marinsow dalam kegiatan ekowisata Pantai Pall berupa berusaha menjaga dan melestarikan wisata yang ada di Pantai Pall dengan cara menjaga kebersihan dan kelestarian alam serta ikut memperkenalkan kepada para wisatawan local maupun wisatawan asing. Pantai Pall termasuk dalam tempat pariwisata yang patut untuk dikunjungi; 2) Persepsi masyarakat Desa Marinsow yang dinilai berdasarkan 3 kriteria yaitu: persepsi peningkatan layanan wisata, persepsi: pengelolaan merupakan tanggungg jawab bersama, dan persepsi: manfaat ekonomi peningkatan layanan wisata semua mempunyai persepsi yang baik dan sangat positif dari masyarakat. Masyarakat sangat setuju jika pengelolaan wisata Pantai Pall dilakukan secara bersama-sama baik dari pemerintah setempat dan juga seluruh masyarakat Desa Marinsow.

 

Kata kunci: masyarakat pantai; persepsi; ekowisata; pantai Pall

Downloads

How to Cite

Mandey, M., Tambani, G. O., Pangemanan, J. F., Rarung, L. K., & Rantung, S. V. (2022). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN WISATA PANTAI PALL DI DESA MARINSOW KECAMATAN LIKUPANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA UTARA. AKULTURASI, 10(2), 258–266. https://doi.org/10.35800/akulturasi.v10i2.41081