PERSEPSI PEDAGANG PERANTARA IKAN TERHADAP LAYANAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI TUMUMPA KOTA MANADO

Authors

  • Nadya M. Bukanaung
  • Steelma V. Rantung
  • Grace O. Tambani
  • Srie J. Sondakh
  • Olvie V. Kotambunan

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.v10i2.42551

Keywords:

pelabuhan perikanan, layanan, pedagang perantara, Tumumpa

Abstract

ABSTRACT

The research objectives are: 1) to find out the services provided by the Tumumpa Coastal Fishing Port and the perception of fish brokers on the services at the Tumumpa Beach Fishing Port, Manado. The research was conducted for 6 months from January to July 2022.

The method used in this research is a survey method. The population in this study are intermediary traders who buy directly at the fish auction. The sampling technique used the Accidental Sampling method, namely intermediary traders at the time of data collection were at the location and who wanted to be interviewed during the study.

The data collected in the form of primary data and secondary data. Primary data is data collected directly by researchers, which is done by means of observation and interviews guided by questionnaires. Secondary data is data collected through a second party, in the form of evidence, records or reports obtained from the Tumumpa Coastal Fishing Port office. Data analysis to determine the knowledge of intermediary traders using the Gutman scale, while to determine perceptions using a Likert scale.

The results of the study can be concluded: 1) The intermediary traders already know the functions and benefits of the services provided by PPP Tumumpa. This is inseparable from the active role of employees in disseminating the benefits and services provided by PPP Tumumpa; and 2) the perception of intermediary traders on all facilities and services provided by PPP Tumumpa which was assessed based on the results of interviews with intermediary traders was very satisfactory, which means that the perception of intermediary traders was quite good on the facilities and services provided by PPP Tumumpa. Although there are also those who give unfavorable responses to welfare support facilities, in this case MCK.

 

Keywords: fishing port; service; intermediary traders; Tumumpa

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian yaitu: 1) mengetahui layanan yang diberikan Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa dan persepsi pedagang perantara ikan terhadap layanan di Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa Manado. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Januari sampai Juli 2022.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini ialah pedagang perantara yang membeli langsung di tempat pelelangan ikan. Teknik pengambilan menggunakan metode Accidental Sampling, yaitu pedagang perantara pada saat pengambilan data berada dilokasi dan yang mau diwawancarai sewaktu penelitian.

Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti, yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang dipandu dengan kuisioner. Data sekunder adalah data yang dikumpulkan melalui pihak kedua, berupa bukti, catatan atau laporan yang diperoleh dari kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa. Analisis data untuk mengetahui pengetahuan pedagang perantara menggunakan skala Gutman, sedangkan untuk mengetahui persepsi menggunakan skala Likert.

Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Pedagang perantara sudah mengetahui fungsi dan manfaat layanan yang disediakan oleh PPP Tumumpa. Hal ini tidak terlepas dari peran aktif pegawai dalam mensosialisasikan manfaat dan layanan yang disediakan oleh PPP Tumumpa; dan 2) persepsi pedagang perantara terhadap seluruh fasilitas dan layanan yang disediakan oleh PPP Tumumpa yang dinilai berdasarkan hasil wawancara dengan pedagang perantara sangat memuaskan, yang berarti persepsi pedagang perantara cukup baik terhadap fasilitas dan layanan yang disediakan oleh PPP Tumumpa. Meskipun ada juga yang memberikan tanggapan kurang baik terhadap fasilitas penunjang kesejahteraan dalam hal ini MCK.

 

Kata kunci: pelabuhan perikanan; layanan; pedagang perantara; Tumumpa

Downloads

How to Cite

Bukanaung, N. M., Rantung, S. V., Tambani, G. O., Sondakh, S. J., & Kotambunan, O. V. (2022). PERSEPSI PEDAGANG PERANTARA IKAN TERHADAP LAYANAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI TUMUMPA KOTA MANADO. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 10(2), 478–489. https://doi.org/10.35800/akulturasi.v10i2.42551