PERSEPSI KONSUMEN PADA LAYANAN KULINER PRODUK PERIKANAN DI PESISIR PANTAI SINDULANG DI KECAMATAN TUMINTING KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35800/akulturasi.v10i2.42554Keywords:
kuliner ikan laut, layanan, konsumen, persepsi, Sindulang IAbstract
ABSTRACT
The objectives of this study are: 1) to find out what restaurant business services are in Sindulang Village, Tuminting District, Manado City; and 2) knowing consumer perceptions of restaurant business services in Sindulang Village, Tuminting District, Manado City. This research was carried out for approximately 3 months, from June to August 2022.
The method used in this research is a survey. This research was conducted in Sindulang Village, Tuminting District, Manado City. Types and sources of data in this study using primary and secondary data. The technique of collecting primary data is carried out in 3 ways, namely: observation, interviews, and questionnaires. The method used is a purposive sampling method where this sample is in accordance with the purpose of a restaurant that sells fish as the main menu. The data analysis technique used is descriptive analysis. The data obtained in the research is made in a simpler form so that it is easy to understand. The data is presented in the form of frequency and percentage tables, then described and interpreted according to what is related to the problem of the restaurant and its service aspect.
The results of this study can be concluded: 1) the services available at the starfish restaurant, Sindulang Village, Tuminting District, Manado City, namely general restaurant services, consistency of taste, completeness of facilities, and main food combinations; and 2) in general, consumer perceptions of the sea star restaurant service in Sindulang Village, Tuminting District, Manado City are good (54.27%), very good (21.33%), quite good (14.70%), not good (8 ,10%) and very bad (1,60%).
Â
Keywords: seafood culinary, service, consumer, perception, Sindulang I
Â
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini, yaitu : 1) mengetahui apa saja layanan usaha rumah makan di Kelurahan Sindulang Kecamatan Tuminting Kota Manado; dan 2) mengetahui persepsi konsumen terhadap layanan usaha rumah makan di Kelurahan Sindulang Kecamatan Tuminting Kota Manado. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 3 bulan, yaitu dari bulan Juni-Agustus 2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sindulang Kecamatan Tuminting Kota Manado. Jenis dan sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pada pengumpulan data primer dilakukan dengan dilakukan dengan 3 cara yaitu : observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode yang digunakan yaitu metode purposive sampling dimana sampel ini sesuai dengan tujuan yaitu rumah makan yang menjual ikan sebagai menu utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian dibuat dalam bentuk yang lebih sederhana agar mudah dipahami. Data disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan persentase, kemudian dideskripsikan.dan diinterprestasi sesuai dengan apa yang berkaitan dengan masalah rumah makan dan segi pelayanannya.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) layanan yang ada di rumah makan bintang laut Kelurahan Sindulang Kecamatan Tuminting Kota Manado, yaitu layanan umum rumah makan, konsistensi cita rasa, kelengkapan fasilitas, dan kombinasi makanan utama; dan 2) secara umum persepsi konsumen terhadap layanan rumah makan bintang laut Kelurahan Sindulang Kecamatan Tuminting Kota Manado ialah baik (54,27%), sangat baik (21,33%), cukup baik (14,70%), tidak baik (8,10%) dan sangat tidak baik (1,60%).
Â
Kata kunci: kuliner ikan laut; layanan, konsumen, persepsi, Sindulang I