ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NELAYAN TERHADAP LAYANAN FASILITAS PELABUHAN SARANA PERIKANAN SAMUDERA (PPS) BITUNG DI KOTA BITUNG

Authors

  • Meilanny Juneta Nazar Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia
  • Siti Suhaeni Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia
  • Steelma V. Rantung Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia
  • Swenekhe S. Durand Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia
  • Srie J. Sondakh Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia
  • Djuwita R.R. Aling Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.v11i2.51224

Abstract

Abstract

Bitung Ocean Fishery Port is one of the centers of capture fisheries activity in Bitung City. The level of user satisfaction is one of the determining factors for the success and sustainability of Bitung Ocean Fishery Port in carrying out its duties and functions to provide the facilities and services needed by fishermen. Based on the background above, it can be formulated that the existing problem is how the level of user satisfaction, namely fishermen, with service facilities, which in this case is limited to the facilities provided by PPS Bitung. The purpose of this research is to: identify what facilities are in Bitung Ocean Fishery Port and analyze the level of user satisfaction, in this case fishermen, with the service facilities provided by Bitung Ocean Fishery Port.

The method used in this research is a case study. The population in this study were fishing boat captains who anchored and leaned on Bitung PPS. Data collection used the Sampling method, to determine the size of the sample to be studied using the Slovin method and a sample of 25 skippers was obtained. The data collected in this study are primary data and secondary data. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis which is quantified. The first objective was achieved by direct observation at Bitung Ocean Fishery Port to identify existing facilities at Bitung Ocean Fishery Port. The second objective is to analyze the level of satisfaction of fishermen using Likert analysis.

Based on the results of the Likert scale analysis for the satisfaction level of fishermen with basic facilities, an average value of 4.09 was obtained, functional facilities also obtained an average value of 4.08 and supporting facilities obtained an average value of 4.06. These results are averaged to 4.07 for all existing facilities in Bitung Ocean Fishery Port. It can be concluded that all users feel very satisfied in using all the facilities available at Bitung Ocean Fishery Port.

 Keywords: perception; facilities; Bitung Ocean Fishery Port

 

Abstark

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung merupakan salah satu pusat aktivitas perikanan tangkap di Kota Bitung. Tingkat kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dan keberlanjutan PPS Bitung dalam melakukan tugas dan fungsinya untuk menyediakan fasilitas dan layanan yang diperlukan nelayan. Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan yang ada adalah bagaimana tingkat kepuasan pengguna yaitu nelayan terhadap layanan fasilitas yang dalam hal ini dibatasi pada fasilitas sarana saja yang disediakan oleh PPS Bitung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengidentifikasi fasilitas sarana apa saja yang ada di PPS Bitung dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna dalam hal ini adalah nelayan, terhadap layanan fasilitas sarana yang disediakan oleh PPS Bitung

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah nakhoda kapal perikanan yang berlabuh dan bersandar di PPS Bitung. Pengambilan data menggunakan metode Sampling, untuk menentukan besarnya sampel yang akan diteliti menggunakan metode Slovin dan diperoleh sampel sebesar 25 orang Nakhoda. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan. Tujuan pertama dicapai dengan observasi langsung di PPS Bitung untuk mengidentifikasi fasilitas sarana yang ada di PPS Bitung. Tujuan kedua untuk menganalisis tingkat kepuasan nelayan digunakan analisis Likert.

Berdasarkan hasil analisis skala likert untuk tingkat kepuasan nelayan terhadap fasilitas pokok memperoleh nilai Rata-rata sebesar 4,09, juga fasilitas fungsional memperoleh nilai Rata-rata sebesar 4,08 dan fasilitas penunjang memperoleh nilai Rata-rata sebesar 4,06. Hasil tersebut kalau di rata-ratakan menjadi 4,07 untuk semua fasilitas sarana yang ada di PPS Bitung. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semua pengguna merasa sangat puas dalam menggunakan semua fasilitas sarana yang ada di PPS Bitung.

Kata Kunci: persepsi; sarana; PPS Bitung

References

Arikunto, 2012. Metode Penelitian Pengambilan Sampel. Bina Aksara. Yogyakarta.

Band, 2011. Menciptakan Nilai untuk Kepuasan Pelanggan, Merancang dan Menerapkan Total Strategi Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, 2014. Aplikasi Analisis Skala Likert Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Irawan, H. 2009. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kirwelakubun N., Kayadoe M., Polii J., Kaparang F., dan Pangalila F. 2018. Studi tentang pelayanan terhadap kapal perikanan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tumumpa Kota Manado. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 3(1).

Kotler, 2014. Manajemen Pemasaran dan Definisi Kepuasan Pelanggan Dalam Bidang Jasa. Jilid III Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta.

Lubis, 2011. Kajian Tentang Macam-Macam Fungsi Jasa dan Ruang Aktivitas Hasil Tangkapan Pengolahan Sumberdaya Milik Bersama. Kampus IPB Kencana Bogor.

Maruli, Daung Putut. 2021. Analisis Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Pelayanan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari Kota Tegal. Skripsi. Universitas Pancasakti Tegal

Nugraha, S 2007. Metode Riset Binis. Universitas Padjajaran. Bandung.

Nurhayatin, O.T., Mudzakir A K dan B.A Wibowo. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Nelayan terhadap Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Melaut di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technologi 1(5): 19-27. Universitas Diponegor. Semarang.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16 Tahun 2012. Tentang Pelabuhan Perikanan. Jakarta: Grandmedia.

Retnowati, E. 2011. Nelayan Indonesia Dalam Pusaran Kemiskinan Struktural (Perspektif Sosial, Ekonomi Dan Hukum). Jurnal Perspektif Volume XVI No. 3 Tahun 2011 Edisi Mei.

Rondonuwu, K. 2017. Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.

Rosni, 2017. Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara. Universitas Negeri Medan. Jurnal Geografi: Vol. 9 No 1

Sugiyono, 1994. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Nazar, M. J., Suhaeni, S., Rantung, S. V., Durand, S. S., Sondakh, S. J., & Aling, D. R. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NELAYAN TERHADAP LAYANAN FASILITAS PELABUHAN SARANA PERIKANAN SAMUDERA (PPS) BITUNG DI KOTA BITUNG. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 11(2), 450–458. https://doi.org/10.35800/akulturasi.v11i2.51224