PROFIL DEPRESI PADA GURU – GURU SD DI KECAMATAN WORI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35790/jbm.3.1.2011.857Abstract
Abstract: Depression usually occurs in daily life. It appears as sadness and loss of interest for things that were enjoyable in the past. There are many causes of depression, e.g. work overload, stressful work, or lack of self confidence. Depression can be found in all ages and jobs, including teaching. Management of depression consists of pharmacotherapy by using antidepressant drugs and psychotherapy. The purpose of this study was to find out whether there was depression among elementary school teachers in Wori Manado, and the degree and prevalence of depression. The methodology used was the cross-sectional method, involving 91 teachers of elementary schools in Wori Manado who filled in Hamilton Depression Rating Scale (HDRS) questionnaires. The results showed that 90 respondents (99%) suffered varying degree of depression, depending on certain variable characteristics.
Key words: depression, teacher.
Â
Â
Abstrak: Depresi sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang ditandai dengan sedih dan kehilangan minat akan hal-hal yang disenangi. Penyebab depresi cukup banyak, diantaranya: beban kerja yang meningkat, stress pada pekerjaan, kurang rasa percaya diri dan sebagainya Depresi dapat terjadi pada semua golongan usia dan pekerjaan, termasuk guru.1-5 Penatalaksanaan depresi mencakup farmakoterapi dengan menggunakan antidepresan dan psikoterapi. Tujuan penelitian: Mengetahui ada tidaknya depresi, derajat serta prevalensinya  pada guru-guru SD di kecamatan Wori Manado. Metode: Penelitian menggunakan rancangan cross sectional yang melibatkan 91 responden guru-guru SD di Kecamatan Wori dengan mengisi kuesioner dari Hamilton Depression Rating Scale (HDRS) sebagai tolak ukurnya. Hasil: didapatkan bahwa 90 orang (99%) guru SD menderita depresi dengan derajat yang berbeda-beda tergantung karakteristik variabel yang sudah ditentukan sebelumnya.
Kata Kunci: depresi, guru.
Downloads
Issue
Section
License
Penyunting menerima sumbangan tulisan yang BELUM PERNAH diterbitkan dalam media lain. Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting keseragaman format istilah dan cara penulisan sesuai dengan format penulisan yang terlampir dalam jurnal ini.
Segala isi dan permasalahan mengenai tulisan yang yang diterbitkan dalam jurnal menjadi tanggung jawab penuh dari penulis.