PUSAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI MANADO ‘MANIFESTASI METODE MONTESSORI DALAM ARSITEKTUR’

Authors

  • Yulia S. Pandensolang
  • Judy O. Waani
  • Frits O.P. Siregar

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v5i1.13024

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 8 tahun. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada perletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional (sikap, perilaku, dan agama), bahasa, dan komunikasi. Sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Seorang ahli pendidikan yang bernama Maria Montessori yang berasal dari Italia yang dikenal melalui metode pendidikannya dalam sebuah buku The Montessori Method menjelaskan bahwa, salah satu cara yang mudah untuk membuat anak menyukai belajar adalah dengan cara membuat anak belajar sambil bermain karena anak-anak sangat menyukai permainan. Dia menerapkan belajar sambil bermain agar anak-anak lebih dapat mengerti bahan yang dibahas. Setiap anak memiliki tahap-tahap perkembangan tertentu sesuai dengan perkembangan umurnya. Faktor lingkungan serta perlakuan orang dewasa (pendidikan) hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan mereka.

Oleh karena itu, Montessori percaya bahwa lingkungan haruslah merupakan tempat yang menyenangkan (loving area), tempat yang kondusif (nourishing) untuk membantu perkembangan, tempat dimana orang dewasa dapat mengobservasi perkembangan anak dan membuat perubahan-perubahan sesuai dengan kebutuhan perkembangan mereka. Adapun tujuan dari perancangan ini adalah merancang bangunan pusat pendidikan anak usia dini dengan menggunakan metode Montessori sebagai tema yang sesuai dengan karakter dan perilaku anak untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan kreativitas.

Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Montessori, Anak

Downloads

Published

2016-08-04