PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR ORGANIK DAN DEKONSTRUKSI PADA PUBLIK BATH SINELEYAN KOTA TOMOHON.

Authors

  • Defie R. Wawointana

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v6i1.16765

Abstract

Sektor pariwisata berperan sangat penting bagi pembangunan daerah Kota Tomohon. Salah satu yang  dapat meningkatkan pariwisata, yaitu Telaga Sineleyan sebagai objek wisata yang sangat berpengaruh dalam pendapatan daerah di bidang pariwisata.

Tujuan penelitian ini untuk merancang Public Bath Sineleyan yang berlokasi di Kota Tomohon. Dalam penelitian ini dilakukan kajian literature terhadap desain ataupun model dari arsitek Peter Eisenman dan Frank L. Wrigth, yang ditinjau dengan metode pendekatan tipologi geometri sebagai masukan inspiratif untuk karya desain dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan yaitu aplikasi metode Desain Arsitektur Organik dan Dekonstruksi pada kasus Public Bath Sineleyan Kota Tomohon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan sistem sruktur, konstruksi, dan utilitas dalam bangunan ini tetap beroriantasi pada sistem yang ideal dengan mamperhatikan prinsip kestabilan, kekuatan, fungsional dan ekonomis. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam penampilan bagunan yaitu fungsi objek, sifat objek, sifat kegiatan, pemakai kebudayaan/lingkungan.

Konsep tata massa bangunan dalam rancangan Public Bath Sineleyan ini merupakan pola tatanan satu bentuk masa yang diintegrasikan kedalam, yang disesuaikan dengan pola tatanan sirkulasi yang berbentuk radial. Pola cluster digunakan agar massa bangunan dapat menyesuaikan dengan kontur lahan yang tidak beraturan dan dinamis. Meskipun perletakan massa tidak beraturan, namun semua massa bangunan memiliki satu pola yaitu bentukan kurva (menyerupai sabit) yang berorientasi pada sungai eksisting di dalam site. Hasil perencanaan dan perancangan ini dengan membuat zoning, site plan, area hiburan dan rekreasi, area kuliner, area relaksasi private, tampak bangunan, dan perspektif bangunan. Kesimpulan perancangan public bath sineleyan, terlihat pada arsitektur organik dan dekonstruksi yang saling berkaitan. 

Kata Kunci: Public Bath, Tomohon, Arsitektur-Organik, Dekonstruksi

 

Downloads

Published

2017-07-31