ARSITEKTUR VENTURI TERHADAP GEDUNG KANTOR DPRD KOTA MANADO.

Authors

  • Wilma O. E. N. Walangitan

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v6i1.16768

Abstract

Arsitektur memiliki peran penting dalam mewujudkan bentuk desain suatu bangunan yang dapat mewadahi kebutuhan manusia termasuk pemerintah sebagai wakil rakyat. Tugas dan tanggung jawab pemerintah dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat dapat berlangsung dengan baik apabila didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai seperti ketersediaan gedung kantor yang representatif, nyaman, dan indah. Gedung kantor sebagai bangunan tempat mengurus suatu pekerjaan pemerintahan dan menjadi tugas seorang arsitek untuk mengeksplorasi teori, ide ataupun gagasannya ke dalam realitas perancangan arsitektural yang selama ini dalam pelaksanaan pembangunan proyek dianggap sebagai materi yang kurang relevan, serta masih bersifat subjektif. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan metode perancangan arsitektur gedung kantor DPRD Kota dan menghasilkan suatu rancangan bentuk desain gedung kantor dengan penerapan arsitektur Venturi.
Kegiatan perancangan arsitektur memperhatikan tahapan- tahapan atau prosedur kegiatan dalam perancangan arsitektur yang dikenal sebagai metode perancangan atau metode merancang. Penerapan metode perancangan yang tepat akan mewujudkan hasil rancangan objek arsitektur ke dalam bentuk
bangunan nyata. Teknik wawancara, survey, dan studi literatur/pustaka adalah tahapan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yang dilanjutkan dengan tahapan analisa dan sintesa kemudian tahapan perancangan sebagai wujud penerapan ide desain arsitektur Venturi.

Melalui karya arsitektural Venturi ditemukan karakterisitik ciri khas bentuk perancangan arsitektur Venturi yaitu penerapan atau implementasi teori “ Less is Bore†disemua karya arsitektural Venturi dalam wujud implementasi essay Venturi: Complexity and Contradiction in Architecture dan Learning From Las Vegas.Karakteristik arsitektur both-and, double function, ambiguity, inside and outside, serta conventional element adalah wujud kompleksitas dan kontradiksi dalam arsitektur Venturi, begitu pula penerapan decorated shed pada karya arsitektural Venturi sedangkan arsitektur Venturi di Gedung Kantor DPRD Kota Manado berwujud penerapan perpaduan bentukan geometri, bentuk jendela terbuka dan tertutup, partisi transparan untuk pembatasan ruang, penggunaan material beton bertulang dan bata, serta kayu dan aluminium terangkum dalam konsep kompleksitas dan kontradiksi Venturi. Kejelasan penerapan arsitektur Venturi terhadap gedung kantor DPRD Kota Manado sudah ada namun masih transparan sehingga diperlukan kejelasan dengan cara mendesain Gedung Kantor DPRD Kota Manado yang baru.

Kata Kunci: Arsitektur Venturi, karakterisitik arsitektur, Gedung Kantor, DPRD Kota Manado

 

Downloads

Published

2017-07-31