SISTEM PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN DI RUANG KELAS SEKOLAH DASAR DI KAWASAN PERKOTAAN.

Authors

  • Rekso Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v6i1.16770

Abstract

Sekolah sebagai tempat proses belajar dan mengajar, adalah tempat transfer ilmu dari pengajar kepada para murid. Sekolah Dasar sebagai tempat awal jenjang keilmuan kepada para siswa memegang peranan penting dalam
menanamkan dasar keilmuan tersebut. Sehingga penting bagi kita untuk memastikan bahwa proses belajar dan mengajar di sekolah dasar berlangsung optimal. Dari banyak sistem yang ada dalam menunjang proses belajar dan
mengajar ini, salah satu yang cukup penting adalah sistem pencahayaan yang ada dalam bangunan sekolah terutama pada ruang-ruang kelas. Karena sistem pencahayaan sangat berpengaruh pada optimalnya proses belajar mengajar
juga pada kesehatan jangka panjang para siswa.

Sistem pencahayaan ini diterapkan berdasarkan asumsi-asumsi perencanaan saat gedung sekolah tersebut dibangun. Perubahan kondisi internal dan eksternal merubah kondisi kondisi yang diasumsikan oleh perencana terdahulu. Hal ini terutama terjadi di kawasan perkotaan dimana kondisi lingkungan eksternal yang berkembang pesat dan berubah signifikan tanpa bisa di kontrol dan kondisi internal yang juga berubah karena kebutuhan yang meningkat pesat. Sehingga perlu adanya perbaikan-perbaikan pada design yang sudah ada, agar perubahan-perubahan yang terjadi tidak berpengaruh secara signifikan pada kondisi sekolah terutama pada ruang kelas.

Kata-kunci : Sekolah, Pencahayaan, Ruang Kelas, Lingkungan

Downloads

Published

2017-07-31