PUSAT PENELITIAN KELAUTAN MANADO (KEJUJURAN EKSPRESI STRUKTUR SEBAGAI KEBUTUHAN BENTUK)

Authors

  • Shelen Prisci Liem
  • Linda Tondobala

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i3.3517

Abstract

Indonesia bagian tengah hingga timur terdaftar dalam kawasan segitiga terumbu karang atau Coral Triangle yang meliputi Sulawesi Utara sampai selatan hingga wilayah Papua. Hal ini dapat dijadikan suatu bukti bahwa Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi laut yang kaya dan beragam. Potensi sumber daya kelautan yang dimiliki Sulawesi Utara merupakan warisan yang harus dijaga dan dilestarikan sehingga dapat memberi manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat. Pemanfaatan sumber daya kelautan di Sulawesi Utara tidak dapat dilakukan tanpa memahami potensi laut itu sendiri. Untuk memahami potensi laut Sulawesi Utara, dibutuhkan informasi yang aktual melalui fakta-fakta yang ditemukan.

Sebuah fasilitas yang dibutuhkan Sulawesi Utara adalah sebuah wadah yang mampu memfasilitasi aktivitas penelitian oleh para ahli yang berperan sebagai pusat apresiasi, informasidanpenelitian untuk memanfaatkan dan melestarikan potensi laut yang ada di Sulawesi Utara. Menanggapi hal ini, makadirencanakanPusat Penelitian Kelautan Manado untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Perancangan Pusat Penelitian Kelautan Manadoinimenggunakan tema “Kejujuran Ekspresi Struktur sebagai Kebutuhan Bentukâ€denganpendekatan “ArsitekturBiomorfik†dalamhaliniikanparisebagaiobjekpendekatantema. Lewat pemaknaan tema serta berbagai analisa aspek perancangan diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi objek rancangan.

 

Kata Kunci : Pusat Penelitin Kelautan, Ekspresi Struktur, Ikan Pari.

Downloads

Published

2014-01-30