PENGARUH LUAS BUKAAN VENTILASI TERHADAP PENGHAWAAN ALAMI DAN KENYAMANAN THERMAL PADA RUMAH TINGGAL HASIL MODIFIKASI DARI RUMAH TRADISIONAL MINAHASA

Authors

  • Novan H. Toisi
  • John W. Kussoy Jurusan Arsitektur UNSRAT Manado

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i1.367

Abstract

ABSTRAK

Pembangunan rumah tinggal akhir-akhir ini semakin meningkat pesat, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Rumah-rumah ini tentu saja memerlukan rancangan yang sesuai dengan si penghuni/pemilik sehingga bisa mewakili  identitas/citra diri. Identitas, bisa digali dari khasanah budaya tradisional yang ada. Arsitektur Tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia sangatlah beragam, salah satunya Minahasa. Di Kota Manado sendiri terdapat cukup banyak masyarakat yang memilih rumah tinggal hasil modifikasi dari rumah Tradisional Minahasa sebagai tempat hunian karena selain praktis dibangun juga sebagai upaya pelestarian terhadap Arsitektur Tradisional Minahasa.

Dalam rangka untuk melestarikan kebudayaan Minahasa telah banyak dilakukan kajian-kajian mengenai Arsitektur Tradisional Minahasa, salah satunya kajian mengenai permasalahan Non-fisik seperti: karakter, citra, norma-norma dan sosial budaya lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan masa mendatang, tentunya dibutuhkan juga pendekatan dari sisi fisik, salah satunya yaitu Kenyamanan Termal dan Penghawaan Alami, sehingga memenuhi tuntutan kenyamanan dan kesehatan sebagai bangunan tempat tinggal.

Kenyamanan Termal dan Penghawaan Alami salah satunya dipengaruhi oleh Luas Bukaan Ventilasi pada Selubung Bangunan yang mengalirkan udara kedalam bangunan sehingga akan terjadi pertukaran udara dalam bangunan. Analisis pengaruh Luas Bukaan Ventilasi terhadap Kenyamanan Termal dan Penghawaan Alami akan dilakukan dengan menyimpulkan pengaruh Luas Bukaan terhadap Kecepatan Angin dalam bangunan disaat menyentuh Kulit, di saat jendela tertutup dan terbuka, serta menyimpulkan apakah Kecepatan Angin tersebut memenuhi standar dalam bangunan. Penelitian ini juga menyimpulkan apa saja elemen bangunan yang harus dirubah dan yang harus dipertahankan untuk perancangan rumah tinggal hasil Modifikasi dari Rumah Tradisional Minahasa dimasa mendatang.

 

Kata kunci: Luas Bukaan Ventilasi, Kenyamanan Termal, Penghawaan Alami

Downloads

Published

2012-05-01