RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK DI KOTA TOMOHON, Healing Environment

Authors

  • Gabriella Jacob
  • Frits O. P. Siregar
  • Rachmat Prjadi

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v10i1.39062

Abstract

Kota Tomohon sebagai salah satu kota di Sulawesi Utara yang sedang berkembang tentunya harus diiringi dengan penambahan fasilitas penjunjang untuk memperlancar kehidupan bermasyarakat salah satunya fasilitas kesehatan yang dalam hal ini Rumah Sakit Ibu dan Anak. Penanganan Ibu yang akan melahirkan di Kota Tomohon tergolong cukup baik, puncaknya pada tahun 2015 dan 2016 tidak ditemukan kasus kematian ibu dan anak dengan presentase bayi lahir prematur 7% dan sisanya lahir normal. Pada tahun 2017 sampai 2019 terjadi peningkatan angka kematian bayi yang didominasi oleh kematian pada saat mengandung.

Pendekatan tipologi objek, tapak dan lingkungan serta pendekatan tematik merupakan metodologi yang dilakukan dalam perancangan Rumah Sakit Ibu dan Anak ini. Data tersebut didapatkan melalui wawancara, studi literatur, studi komparasi yang kemudian dianalisis dan memperoleh sistesa yang berujung pada hasil desain Rumah Sakit Ibu dan Anak di Kota Tomohon.

Mengusung pendekatan arsitektur Healing Environment pada objek arsitektural RSIA ini menjadi salah satu trobosan baru untuk fasilitas kesehatan di Kota Tomohon dimana pendekatan ini berfokus pada penyembuhan berbasis lingkungan serta seni untuk mencapai kenyamanan bagi para pengguna terutama kesembuhan bagi para pasien. Pada akhirnya desain Rumah Sakit Ibu dan Anak dengan pendekatan Healing Environment ini menjadi salah satu langkah awal untuk menunjang fasilitas kesehatan di Kota Tomohon khususnya kesehatan ibu dan anak.

Kata Kunci : Rumah Sakit, Ibu dan Anak, Kota Tomohon, Healing Environment

Downloads

Published

2022-02-15