ARGRICULTURE CENTRE DI MINAHASA UTARA

Sustainable Building Envelopes

Authors

  • Evabella M. Rawung
  • Sangkertadi
  • Octavianus H. A. Rogi

Abstract

Perancangan Agriculture Centre ini berangkat dari pemilihan Minahasa Utara sebagai lokasi perancangan, kemudian menentukan objek yang cocok untuk dihadirkan sesuai dengan isu yang ada dilokasi tersebut. Dimana Minahasa Utara merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Utara yang sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Namun bangunan  bangunan di sektor pertanian yang ada di Minahasa Utara pun hanya  toko – toko alat pertanian dan kantor dinas pertanian daerah, bangunan kantor dinas pertanian pun sudah cukup lama dan bisa dibilang kecil, bahkan tempat melakukan pertemuan atau pelatihan untuk banyak petani ruang dan lahannya tidak mencukupi karena mengingat petani di Minahasa Utara cukup banyak.

Metode perancangan yang digunakan pada perancangan ini yaitu metode perancangan dari John Zeisel yaitu fase pertama dan fase kedua, dimana perancangan Agriculture Centre ini akan melalui proses spiral development yaitu melalui fase pertama Imaging, Presenting, dan Testing hingga ke fase ke 2 ReImaging, Re-Presenting-ReTesting yang dimana dalam penerapan tema Sustainable Building Envelopes akan secara kontinyu merubah konsep desain karena akan ada konsep-konsep yang akan melalui berbagai test dan berbagai simulasi hingga mencapai sebuah desain envelopes yang sustainable atau berkelanjutan.

Pada perancangan Agriculture Centre di Minahasa Utara ini telah berhasil menghadirkan gedung yang mampu mewadahi dan menghubungkan setiap aktivitas para petani dan perintis usaha pertanian di Minahasa Utara. Dengan pengimplementasian prinsip - prinsip tema "Sustainable Building Envelopes" pada objek rancangan telah berhasil menyelesaikan problematika optimasi penggunaan energi dan gangguan kenyamanan internal dalam bangunan melalui respon terhadap konteks lingkungan sekitarnya dengan dampak minimal sambil menjaga penghuninya dalam kenyamanan yang memuaskan dan biaya konsumsi energi yang efisien.

 

Kata Kunci : Agriculture Centre, Minahasa Utara, Sustainable Building Envelopes

Downloads

Published

2022-08-12