GEDUNG KESENIAN DI MINAHASA UTARA

Desain Ikonik

Authors

  • Sheila Punusingon
  • Franklin J. Papia
  • Steven Lintong

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural dengan nilai seni yang tinggi dan beragam. Mulai dari seni teater, seni sastra , seni music, seni rupa, dan seni patung juga beragam bentuk kesenian lainnya. Seni merupakan sesuatu bentuk ekspresi manusia yang memiliki bentuk dan sifat-sifat yang kreatif , emosional dan universal. Seni sebagai kegiatan manusia yang mengikutan potensi dan nilai-nilai yang maju/berkembang di masyarakat sesuai dengan perkembangan peradaban manusia dan dan selalu melahirkan kreasi-kreasi baru.

Diperlukan perhatian khusus kepada para pelaku seni yang ada di Sulawesi Utara dalam menghadirkan wadah untuk mengembangkan, melestarikan, memberikan edukasi seni bagi paramasyarakat yang ada untuk kelangsungan dan preservasi seni terlebih khusus di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Di dalam perkembangannya, sejarah Kabupaten Minahasa Tenggara yang berada di Provinsi Sulawesi Utara yang awalmulanya berasal dari Kabupaten Minahasa Selatan dan di mekarkan pada tahun 2007 dimana ketersediaan saran dan prasarananya belum semaksimal kabupaten lain yang lebih dulu hadir secara administratif.

Dari permasalahan ini maka saya mengambil judul “Gedung Kesenian di Kabupaten Minahasa Tenggara” agar supaya membantu pemerintah mewadahi kegiatan budaya dan seni tradisional dan juga budara modern yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Menggunakan Tema”Ikonik”, selain merancang tempat yang mewadahi kegiatan budaya dan seni di Kabupaten Minahasa Tenggara, perancang ingin memasukkan dan menonjolkan unsur-unsur kebudayaan dan kesenian yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara kedalam perancangannya sebagai wujud dan karakter yang kuat agar pengunjung bisa langsung dan merasakan karakter budaya dan kesenuan yang kuat pada bangunan itu sendiri.

 

Kata Kunci: Gedung, Kesenian, Desain Ikonis.

Downloads

Published

2022-08-22