PERBANDINGAN BIAYA PELAKSANAAN PEKERJAAN PONDASI SUMURAN DAN PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR OTORITAS BANDAR UDARA WILAYAH VIII SAM RATULANGI MANADO

Authors

  • Andrew O. Wuisan

Abstract

Pondasi bangunan adalah konstruksi yang paling penting pada suatu bangunan, karena pondasi berfungsi untuk menyalurkan seluruh beban hidup dan beban mati yang berasal dari struktur di atasnya. Perbandingan biaya pelaksanaan pekerjaan pondasi sumuran dan pondasi tiang pancang akan sangat penting dalam menentukan pondasi mana yang paling tepat dan ekonomis untuk digunakan pada proyek pembangunan gedung kantor otoritas bandar udara. Dalam perencanaan pondasi ada beberapa hal yang harus diperhitungkan yaitu beban yang bekerja pada pondasi seperti beban mati, beban hidup dan beban gempa. Untuk perhitungan beban struktur gedung yang bekerja pada pondasi mengacu pada Peraturan Pembebanan Indonesia Untuk Gedung Tahun 1983, SNI 03-1726-2002 dan SNI 03-1727-1989, sedangkan untuk perhitungan pondasi menggunakan metode Begemen.

         Untuk perhitungan pondasi sumuran dan tiang pancang hanya ditinjau pada satu titik saja dengan acuan data uji sondir, dengan kedalaman tanah keras 5 (lima) meter.  Dan berdasarkan dari perhitungan, didapat hasil 3 (tiga) tiang untuk pondasi sumuran sedangkan untuk pondasi tiang pancang membutuhkan 8 (delapan) tiang dalam satu pile cap yang mampu memikul beban sebesar P = 1.194,1 ton. Untuk biaya pembuatan pondasi sumuran lebih ekonomis dibandingkan dari pondasi tiang pancang. Dari hasil perhitungan perbedaan harga dari kedua pondasi cukup signifikan, yaitu untuk biaya pelaksanaan pekerjaan pondasi tiang pancang sebesar Rp. 74.035.700,00,- (Tujuh Puluh Empat Juta Tiga Puluh Lima Ribu Tujuh Ratus Rupiah), sedangkan pondasi sumuran Rp. 33.620.500,00,- (Tiga Puluh Tiga Juta Enam Ratus Dua Puluh Ribu Lima Ratus Rupiah).

Dengan hasil data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan penggunaan pondasi tiang pancang tidak efektif pada proyek tersebut, karena kedalaman tanah keras hanya sampai pada kedalaman 5 (lima) meter. Penggunaan pondasi sumuran lebih efisien dan ekonomis dibanding tiang pancang. Apalagi penggunaan tiang pancang pada proyek tersebut juga dapat mempengaruhi struktur bangunan yang ada dan dapat mengganggu keamanan aktivitas di sekitarnya, yang merupakan area terlarang atau terbatas untuk umum.

Kata kunci  : perbandingan, pondasi sumuran, pondasi tiang pancang

Downloads

Published

2021-01-04