MEETING INCENTIVE CONFERENCE EXHIBITION (MICE) BUILDING DI MANADO

Metafora Kombinasi

Authors

  • David Singal
  • Suryono
  • Esli D. Takumansang

Abstract

Konvensi berhubungan erat dengan istilah MICE. Kepanjangan MICE sebagai meeting, incentive, conference and exhibition telah dikenal secara Iuas di dunia dan menjadi istilah umum dalam industri pariwisata. Industri MICE merupakan industri yang masih muda, di kenal di Eropa dan Amerika Utara sekitar 50 tahun yang lalu, dan konsep ini masih cenderung baru dan belum tereksplorasi di negara-negara dunia ketiga namun perkembangan industri ini sangat diminati di negara-negara berkembang, karena sangat efektif memberikan dampak ekonomi surplus.

Kegiatan bisnis MICE berpotensi membuka lapangan kerja baru, tidak hanya membuka lapangan kerja baru, tetapi juga menciptakan pekerjaan yang tetap bagi masyarakat yang memiliki kemampuan tidak berbeda dengan bisnis pariwisata yang banyak diciptakan di negara-negara dengan GDP sedang dan tinggi. Kegiatan MICE merupakan bisnis yang lebih ramah lingkungan apabila dibandingkan dengan turisme massal, karena pelaku bisnis ini cenderung minim yang dengan sendirinya mengurangi kebutuhan transportasi sehingga terjadi penurunan volume emisi karbon dan angka kemacetan (Rogers, 2003).

Dalam tahapan perencanaan ini, lahan sebagai lokasi terpilih bertempat di Kota Manado tepatnya di area Kecamatan Mapanget dengan alasan kedekatan area Mapanget dengan bandar udara Sam Ratulangi sehingga mempermudah aksesibilitas bagi tamu-tamu dari luar wilayah kota Manado. Selain itu area Mapanget juga dicanangkan oleh pemerintah provinsi sebagai pusat kawasan ekonomi yang sebelumnya berada di area Boulevard. Pendekatan metafora menjadi tema terpilih dimana pendekatan ini mengacu pada simbol daerah dan budaya Minahasa dimana dalam aplikasinya, gubahan bangunan ini memberi penegasan (focal point) akan identitas daerah dan destinasi wisata daerah.

 Kata Kunci: Ekshibisi, konferensi, metafora

Downloads

Published

2023-02-06