COMMUNITY CENTER DI PULAU SIAU

Nearly Zero-Energy Building

Authors

  • David I. Rottie
  • Sangkertadi
  • Fela Warouw

Abstract

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi utara, karena usianya yang terbilang masih muda, tentu masih banyak kekurangan. Salah satunya adalah fasilitas pusat pelayanan publik yang berfungsi untuk menampung berbagai kegiatan masyarakat. Adanya fasilitas-fasilitas pelayanan publik sangat penting bagi suatu daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama bagi komunitas yang melakukan kegiatan rutin, juga bagi anak-anak muda yang membutuhkan medium bagi mereka untuk berkreasi. Untuk menjawab permasalah-permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu bangunan Community Center. Dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat maka Communtity Center yang akan dirancang akan memiliki fungsi utama untuk kegiatan-kegiatan Olahraga. Dan untuk mengedukasi masyarakat tentang energi terbarukan maka Communtity Center yang akan dirancang akan mengangkat tema Nearly Zero-Energy Building agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk tidak lagi bergantung pada energi tak terbarukan.

Comuunity Center ini dilakukan dengan menggunakan metode dan analisis yang baik. Dalam hal ini, metode yang digunakan untuk perancangan adalah metode kotak kaca. Dalam metode ini, desainer terlebih dahulu mengidentifikasi desain mana yang akan dibuat. Dalam hal ini adalah Community Center. Penelitian tentang kebutuhan listrik dan pemanfaatan panel surya merupakan salah satu Langkah dari metode kotak kaca, kemudian studi yang didapatkan dpat diterapkan agar dapat merancang sebuah bangunan yang hemat energi.

Dari latar belakang, tujuan dan metode yang dijelaskan di atas, diharapkan perancangan Community Center akan menjadi sebuah tempat yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat dimana objek ini dapan menjadi sarana bagi masyarakan untuk berolahraga maupun bersantai serta bisa menarik perhatian wisatawan local maupun non-lokal.

Kata Kunci : Pulau Siau, Community Center, Nearly Zero-Energy Building

Downloads

Published

2023-02-09