GRAHA KOMUNITAS PENGGEMAR SEPEDA DI MANADO - Analogi Mekanik sebagai Strategi Desain

Authors

  • Joanita C. Rawung
  • F. T. Andries

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i2.591

Abstract

GRAHA KOMUNITAS PENGGEMAR SEPEDA DI MANADO

(ANALOGI MEKANIK SEBAGAI STRATEGI DESAIN)

Joanita C. Rawung[1]

Ir. F.T. Andries, M.Si[2]

 

ABSTRAK

Pemanasan global, tingkat polusi dan kemacetan merupakan beberapa masalah yang terjadi dalam bidang transportasi masyarakat yang ada di Kota Manado.

Sepeda adalah salah satu alternatif sarana transportasi yang mendayagunakan energi manusia serta bisa menjadi moda transportasi masa depan  yang ramah lingkungan sehingga dapat memberikan  berbagai keuntungan bagi manusia sendiri sebagai pengguna.

Para pengguna dan penggemar sepeda biasanya tergabung dalam komunitas-komunitasnya sendiri. Komunitas-komunitas penggemar sepeda di Manado sudah cukup banyak terbentuk sedangkan fasilitas pendukung belum tersedia. Dengan melihat fenomena dan kebutuhan yang ada maka perlu adanya pemecahan masalah, diantaranya penyediaan suatu wadah atau lingkungan yang mendukung bagi komunitas-komunitas penggemar sepeda dengan segala aktivitasnya. Perancangan Graha Komunitas Penggemar Sepeda di Manado diharapkan dapat mewadahi dan memfasilitasi kegiatan dari para penggemar sepeda. Tema Analogi Mekanik sebagai Strategi desain dipilih sebagai tema perancangan karena dianggap dapat memberikan solusi dalam permasalahan perancangan.

Kata Kunci : global warming, sepeda, graha komunitas, analogi mekanik


[1] Mahasiswa PS 1 Arsitektur UNSRAT

[2] Staf Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT

Published

2012-11-19