EXHIBITION AND CONVENTION CENTER DI KABUPATEN JAYAPURA (SENTANI) “STRUCTURAL EXPRESSION AS AESTHETIC FUNCTION”

Authors

  • Octavia C. Supit
  • Johannes Van Rate
  • Indradjaja Makainas

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v4i1.6525

Abstract

Kota Jayapura merupakan kota yang sedang berkembang menjadi pusat perkembangan budaya dan peradaban manusia bagi daerah sekitarnya, dilihat dari segi pembangunan banyak bangunan dan kantor yang sudah maupun yang sedang dibangun  di Kota maupun Kabupaten Jayapura, masyarakat, pemkot Kota Jayapura dan para pengusaha asli maupun pendatang juga sering mengadakan kegiatan yang bersifat formal maupun non formal selama ini kegiatan pameran maupun pertemuan di kota Jayapura diselenggarakan di hotel, serta di gedung pertemuan yang tidak dilengkapi dengan fasilitas pendukung. Dari uraian tersebut diatas, Kota Jayapura membutuhkan wadah yang dibangun khusus untuk keperluan konvensi, pameran,  dan kegiatan yang secara masal.

Rencana pembangunan Exhibition and Convention Center di Kabupaten Jayapura yang nantinya dirancang dengan dasar penerapan tema Structural Expression as Aesthetic Function (Ekspresi Struktur sebagai keindahan) merupakan kebutuhan objek rancangan  sebagai pameran dan konvensi yang lingkupnya regional atau nasional maupun internasional. Penerapan tema Ekspresi Struktur melalui kajian yang ada diharap dapat mengoptimalkan fungsi bangunan, memberikan kenyamanan serta meningkatkan kepariwisataan kota Jayapura.

Kata Kunci : Exhibition and Convention Center,Structural Expression as Aesthetic Function (Ekspresi Struktur sebagai keindahan)

Downloads

Published

2015-02-03