MALL OTOMOTIF MANADO (High Tech Architecture)

Authors

  • Georgy S. V. Watung
  • Vicky H. Makarau
  • Johannes Van Rate

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v4i1.6657

Abstract

Pada desain Mall Otomotif di Manado menggunakan tema Arsitektur High Tech. Mall yang  awalnya merupakan suatu pusat perbelanjaan di tempat terbuka berubah menjadi pusat perbelanjaan pada bangunan  tertutup dengan mengutamakan kenyamanan pengunjung.

Arsitektur High Tech adalah konsep desain yang diartikan sebagai suatu aliran gaya arsitektur yang bermuara pada ide gerakan arsitektur modern yang membesar-besarkan struktur dan teknologi pada suatu bangunan. Dengan ciri khasnya, Arsitektur High Tech menjadi pilihan untuk menjawab tantangan perancangan Mall Otomotif ini dengan transparansi, fleksibilitas perletakan unsur utilitas, dan ekspresi teknologi dapat memberikan identitas unik pada suatu bangunan. Oleh karena itu, masalah dalam desain Mall ini adalah belum tersedianya bangunan khusus untuk mewadahi berbagai macam kegiatan yang mewadai minat masyarakat Manado terhadap bidang Otomotif serta bagaimana menghadirkan suatu bangunan  yang dapat menarik minat masyarakat agar datang berkunjung. Tujuannya adalah menghadirkan  suatu bangunan dalam memfasilitasi minat masyarakat pada bidang otomotif selain dapat mengekspresikan bidang otomotif melalui bentuk dan penerapan tema juga dapat menarik pengunjung serta mendukung fungsi komersial bangunan.

Untuk menghasilkan objek desain Mall ini maka  dilakukan pendekatan perancangan dengan pendekatan tipologis bentuk bangunan mall, pendekatan tematik High Tech Architecture, serta pendekatan lokasi dan tapak dengan tujuan menghadirkan suatu objek mall di manado untuk menampung kegiatan jual beli dan pameran.

Kata kunci: Arsitektur High Tech, Otomotif

Downloads

Published

2015-02-07