PERBANDINGAN PRODUKSI AIR MATA PADA PENGGUNA LENSA KONTAK DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN LENSA KONTAK

Authors

  • Paulus Rocky Wakarie Universitas Sam Ratulangi
  • Laya Rares Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/ecl.v2i1.3613

Abstract

Abstract: There are so many factor that can affect the healthiness of eye, and one of them is tears. However, there are many circumstancesthat can affect the production of tears and lead to discomfort in the eye and one of them is contact-lenswearing.The aim of this research is to know the difference of tear production between contact-lens wearer and non contact-lens wearer. The method of this research is cross sectional with characteristic observation. And the problems to identify is happen by it self without intervention from researcher. The samples is group 2010 – 2013 students of Medical Faculty of Sam Ratulangi University amount to 30 peoples (15 contact-lenswearer, 15 contact-lensnon-wearer) who take with random sampling.The results showmore female sample (24 sample)  than male (6 sample) with mean age 19.3 + 2. Comparisonof tear productionincontact-lens usersand non contact-lens user was not significant(p>0.05).From result we can conclude, difference of tear production between contact-lens wearer and non- contact-lens wearer is not significantly distinct.

Keywords:contact-lens wear, tear production.

 

 

Abstrak: Banyak factor yang mempengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah air mata. Namun, banyak keadaan yang dapat mempengaruhi produksi dari air mata ini sehingga bisa menimbulkan keluhan-keluhan pengelihatan, salah satunya adalah pemakaian contact-lens.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan produksi air mata pada pengguna contact-lens dengan yang tidak menggunakan contact-lens. Metode penelitian yang digunakan adalah potong lintang dengan sifat observational dan masalah yang diteliti terjadi dengan sendirinya tanpa intervasi dari peneliti. Sampel penelitian adalah mahasiswa FK UNSRAT angkatan 2010-2013 berjumlah 30 orang dimana 15 orang merupakan pengguna contact-lens dan 15 orang lain tidak menggunakan contact-lens yang diambil secara acak sederhana.Hasil penelitian menunjukkan sampe wanita (24 sampel) lebih banyak dari sampel laki-laki (6 sampel) dengan rata-rata umur 19,4 + 2. Perbandingan produksi air mata pada pengguna contact-lens dengan yang tidak menggunakan contact-lens (p>0,05) tidak terlalu signifikan. Kesimpulan perbandingan produksi air mata pada pengguna contact-lens dengan yang tidak menggunakan contact-lens tidak terlalu signifikan.

Kata kunci:penggunaan contact-lens, produksi air mata.

Author Biographies

Paulus Rocky Wakarie, Universitas Sam Ratulangi

Kandidat Skripsi FK Unsrat

Laya Rares, Universitas Sam Ratulangi

Bagian Ilmu Kesehatan Mata FK Unsrat

Downloads

How to Cite

Wakarie, P. R., & Rares, L. (2014). PERBANDINGAN PRODUKSI AIR MATA PADA PENGGUNA LENSA KONTAK DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN LENSA KONTAK. E-CliniC, 2(1). https://doi.org/10.35790/ecl.v2i1.3613