Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Perawatan Tumpatan Komposit pada Gigi Anterior di RSGM Universitas Sam Ratulangi

Authors

  • Cliviane Kewas
  • Dinar A. Wicaksono
  • Paulina N. Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.7.2.2019.23927

Abstract

Abstract: Dental caries can be overcome by restoration using composite resin which is widely used as an anterior tooth restoration material due to its aesthetic advantages. Dentists have to fulfil the patient expectation with the best service as possible. Determination of patient satisfaction of the restoration can be evaluated from the patient's assessment. This study was aimed to determine the level of patient satisfaction of composite restoration in the anterior teeth at RSGM Unsrat. This was a descriptive study with a cross-sectional design. Respondents were 30 patients selected by purposive sampling method. The instrument used in this study was a questionnaire with closed questions. The results showed that most respondents’ satisfaction level of the restoration was ‘very satisfying’ (45%). The satisfaction level of the composite color was ‘satisfying enough’ (33%). The satisfaction level of the tooth size was ‘satisfying’. Data were processed descriptively then were presented based on distribution in chart forms. In conclusion, the respondents' satisfaction level of the composite restoration in the anterior teeth was most dominant in the 'satisfying' category related to the tooth size after restoration but in the 'satisfying enough' category related to the composite color.

Keywords: composite restoration, anterior teeth, patient satisfaction

 

Abstrak: Karies gigi dapat diatasi dengan restorasi menggunakan resin komposit yang banyak digunakan sebagai bahan restorasi gigi anterior karena memiliki keunggulan estetik yaitu menyerupai warna gigi. Dokter gigi wajib memenuhi harapan pasien dengan pelayanan sebaik mungkin. Untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap hasil restorasi, dapat dilihat dari penilaian pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan tumpatan komposit pada gigi anterior di RSGM Unsrat. Jenis penelitian ialah deskriptif dengan desain potong lintang. Responden penelitian ialah pasien yang dipilih dengan metode purposive sampling sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dengan pertanyaan tertutup. Data diolah secara deskriptif kemudian disajikan berdasarkan distribusi dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responden terhadap hasil tumpatan paling banyak ialah sangat puas (45%) dan yang paling sedikit yaitu kurang puas (2%). Tingkat kepuasan responden terhadap warna bahan tumpatan komposit paling banyak ialah cukup puas (33%). Tingkat kepuasan responden terhadap ukuran gigi setelah ditumpat paling banyak ialah puas (76%). Simpulan penelitian ini ialah kepuasan responden terhadap perawatan tumpatan komposit pada gigi anterior yang paling dominan pada kategori puas tentang ukuran gigi setelah ditumpat dan pada kategori cukup puas tentang warna bahan tumpatan.

Kata kunci: tumpatan komposit, gigi anterior, kepuasan pasien

Downloads

How to Cite

Kewas, C., Wicaksono, D. A., & Gunawan, P. N. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Perawatan Tumpatan Komposit pada Gigi Anterior di RSGM Universitas Sam Ratulangi. E-GiGi, 7(2). https://doi.org/10.35790/eg.7.2.2019.23927

Issue

Section

Articles